Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Toyota Gencar Pasarkan Kijang Innova Model Ambulans

Kompas.com - 16/05/2020, 13:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini Toyota Indonesia mendonasikan sebanyak lima unit Kijang Innova yang telah dikonversi menjadi ambulans oleh salah satu supply chain Toyota. Hal ini ditujukan untuk mendukung mobilitas tenaga medis, khususnya dalam penanganan Covid-19.

Padahal bila melihat fungsinya, Kijang Innova bukan model yang lazim dipakai sebagai ambulans. Toyota masih memiliki Hiace, model MPV kotak yang lebih layak untuk digunakan tenaga medis dalam melaksanakan tugasnya.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, mengatakan, dikenalkannya Kijang Innova model ambulans merupakan bagian dari persiapan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit dan pemerintah.

Baca juga: Mobil Matik Mogok Saat PSBB, Perhatikan Cara Dorong yang Benar

Modifikasi Toyota HiAce jadi kendaraan medis Covid-19Motor1.com Modifikasi Toyota HiAce jadi kendaraan medis Covid-19

“Kalau Hiace produk impor dan harganya di atas Rp 500 jutaan, kalau Innova produksi lokal dan harga dasarnya sekitar Rp 300 jutaan, jadi lebih murah serta jadi solusi untuk saat ini,” ujar Anton, dalam diskusi daring (15/5/2020).

Selain itu, karena sudah diproduksi di dalam negeri, Toyota jadi lebih percaya diri saat menerima pemesanan dalam jumlah yang banyak.

Sementara Hiace yang masih didatangkan secara utuh dari Jepang, jumlah pesanannya mungkin tidak bisa sebanyak Kijang Innova.

Baca juga: Mau ke Jakarta, Warga Luar Jabodetabek Wajib Urus Izin Masuk

Toyota mendonasikan Kijang Innova untuk tangani Covid-19TMMIN Toyota mendonasikan Kijang Innova untuk tangani Covid-19

Belum lagi operasional ambulans yang biasa masuk daerah terpencil, Kijang Innova dinilai lebih siap melewati berbagai medan jalan di Tanah Air.

“Hiace secara peralatan memang bisa lebih lengkap. Tapi buat konsumen yang butuh ambulans biasa, bisa pilih Kijang Innova,” kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com