Kesalahan Fatal Pengguna Mobil Transmisi Matik yang Bikin Mesin Jebol

Kompas.com - 19/05/2020, 13:42 WIB
Ilustrasi berkendara. ThinkstockIlustrasi berkendara.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudi mobil transmisi matik bisa dikatakan lebih simpel, dan mudah jika dibandingkan mobil dengan jenis manual.

Pengemudi cukup menginjak pedal gas dan mobil akan berjalan sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.

Berbeda halnya dengan mobil manual yang masih harus menyesuaikan kapan waktunya memindah gigi transmisi dan menginjak pedal kopling.

Meski begitu, ternyata mengemudikan mobil dengan transmisi otomatis juga tidak boleh sembarangan. Ada hal-hal yang benar-benar perlu diperhatikan oleh pengemudi.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Rp 25 Jutaan, Bisa Dapat BMW Lawas

Terutama dalam menggeser tuas transmisi dan juga saat berakselerasi. Jika tidak, bukan tidak mungkin komponen di transmisi akan mudah rusak.

Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik

Hermas Efendi Prabowo, Pemilik bengkel spesialis Worner Matic mengatakan, saat mengendarai mobil matik pengemudi harus menggunakan perasaannya.

“Mengemudikan mobil matik itu tidak boleh kasar, harus dengan perasaan. Berbeda dengan mobil manual,” kata Hermas kepada Kompas.com belum lama ini.

Dua kesalahan fatal pengemudi mobil matik

1. Terlalu cepat menggeser gigi transmisi

Mobil matik juga memiliki tuas gigi transmisi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Seperti saat berjalan lurus, mundur, berjalan di tanjakan bahkan saat parkir.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X