Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Sienna Resmi Meluncur, MPV Baru Berbasis Camry

JAKARTA, KOMPAS.com – Sienna merupakan salah satu MPV dari jajaran produk Toyota di Amerika Serikat. Pertama kali meluncur pada 1997, kini Toyota Sienna generasi keempat hadir dengan desain yang berubah total.

Dilansir dari laman resmi Toyota, Sienna kini mengusung tampilan eksterior dan interior yang makin modern. Mobil ini dibandung dari basis TNGA-K yang sama dengan Camry, RAV4, maupun Harrier.

“Ini adalah kendaraan yang sepenuhnya baru dari bawah ke atas, termasuk platform sasis serta penggerak listrik baru,” ujar Monte Kaehr, Chief Engineer Toyota, dalam keterangan tertulis (18/5/2020).

Sienna mengusung Toyota Hybrid System II, berteknologi hibrida, memadukan mesin bensin 4-silinder berkapasitas 2.500 cc  dengan sepasang motor listrik, plus baterai yang terisi otomatis saat berjalan.

Kombinasi dari dapur pacu tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 243 dk, yang sebetulnya masih kalah bertenaga dibandingkan mesin Sienna generasi sebelumnya.

Untuk diketahui, Sienna generasi ketiga yang dipasarkan di AS pada 2017-2019 menggunakan mesin bensin 3.500 cc V6 yang bertenaga 296 dk.

Melihat desainnya, Sienna terlihat sporty sekaligus tetap elegan. Apalagi pada varian XSE, MPV ini mengusung bumper dengan desain yang lebih agresif, serta penggunaan pelek ukuran 20 inci.

Pada interiornya, Sienna menggunakan dasbor model bertingkat dengan layar sentuh ukuran 9 inci di bagian tengah.

Sementara di bagian belakang, tersedia captain seat dengan format pelipatan kursi yang bisa menyediakan ruang kaki lebih lapang.

“Pengembangan generasi keempat Sienna adalah pekerjaan yang sangat besar, tetapi kami selalu bekerja menuju satu misi tunggal, yakni membuat van terbaik,” ucap Kaehr.

Sienna akan tersedia dalam varian XLE, XSE, Limited, dan Platinum yang dipasarkan mulai 34.000 dolar AS atau setara Rp 501 jutaan hingga 40.000 dolar AS atau sekitar Rp 590 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/20/080200015/toyota-sienna-resmi-meluncur-mpv-baru-berbasis-camry

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke