Ini 16 Lokasi Penyekatan di Wilayah Bogor Selama Ada Larangan Mudik

Kompas.com - 26/04/2020, 03:31 WIB
Petugas gabungan sedang melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas di pintu Tol Jagorawi di hari pertama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Kota Bogor, Rabu (15/4/2020). KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAHPetugas gabungan sedang melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas di pintu Tol Jagorawi di hari pertama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Kota Bogor, Rabu (15/4/2020).
Penulis Ari Purnomo
|

BOGOR, KOMPAS.com - Polres Bogor melakukan penyekatan dan pengawasan di sejumlah titik untuk mencegah adanya pemudik yang nekat melintas.

Setidaknya ada 16 pospam yang sudah disiagakan oleh jajaran Polres Bogor dalam pengawasan ini.

Selain untuk penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB), pospam check point ini juga dalam rangka menindaklanjuti adanya larangan mudik oleh pemerintah.

Baca juga: Selama Terapkan PSBB, Ganjil Genap Jakarta Masih Ditiadakan

Kasat Lantas Polres Bogor AKP M. Fadli Amri mengatakan, bahwa Polres Bogor bersama instansi terkait mendukung penuh kebijakan pemerintah yang mengeluarkan larangan mudik Lebaran pada hari raya Idul Fitri 1441 H bagi semua warga.

Kemudian dari Polri juga sudah menetapkan Operasi Ketupat 2020 dilaksanakan mulai 24 April hingga 31 Mei 2020.

Ada Pemeriksaan Kendaraan di area Pintu Tol Perbatasan Jabodetabek, Sabtu (11/4/2020).Dokomen Jasa Marga Ada Pemeriksaan Kendaraan di area Pintu Tol Perbatasan Jabodetabek, Sabtu (11/4/2020).

“Tujuan utama giat tersebut adalah melarang masyarakat mudik Lebaran di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19," kata Fadli kepada Kompas.com, Sabtu (25/4/2020).

Posko dan cara bertindak di lapangan, lanjutnya, sudah disiapkan, masih sama dengan pos check point PSBB. Hanya saat ini ditambah dengan adanya pengecekan terkait larangan mudik.

Dalam pelaksanaannya, Fadli mengatakan, warga yang melalui posko tersebut akan dicek sesuai dengan protokol yang ada, baik kesehatan, kelengkapan dan lainnya sesuai Perbup Bogor.

Baca juga: Mobil Parkir Lama di Bandara, Ini Komponen yang Rawan Rusak

“Warga yang kedapatan melaksanakan mudik akan diputarbalikkan sesuai aturan dari Permenhub PM no 25 tahun 2020,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat yakni agar mematuhi aturan lalu lintas yang ada, rambu-rambu serta marka jalan untuk menghindari terjadinya laka lantas.

Sejumlah anggota Polres Sukabumi Kota  melakukan pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan Cibolang, Sukabumi, Jawa Barat,  Selasa (23/5/2019) malam.KOMPAS.com/BUDIYANTO Sejumlah anggota Polres Sukabumi Kota melakukan pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan Cibolang, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (23/5/2019) malam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X