Mobil Parkir Lama di Bandara, Ini Komponen yang Rawan Rusak

Kompas.com - 25/04/2020, 13:02 WIB
Petugas melakukan pemeriksaan di check point penyekatan pertama di ruas tol Jakarta - Cikampek Km 31, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Larangan mudik mulai diberlakukan pemerintah mulai 24 April 2020 pukul 00.00 WIB untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Operasi Ketupat 2020. Kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang dilarang keluar dari wilayah Jabodetabek. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPetugas melakukan pemeriksaan di check point penyekatan pertama di ruas tol Jakarta - Cikampek Km 31, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Larangan mudik mulai diberlakukan pemerintah mulai 24 April 2020 pukul 00.00 WIB untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Operasi Ketupat 2020. Kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang dilarang keluar dari wilayah Jabodetabek.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah telah mengeluarkan aturan larangan mudik Lebaran tahun ini.

Larangan ini tidak hanya ditujukan bagi warga yang menggunakan kendaraan pribadi saja, tetapi juga yag menggunakan angkutan umum, baik transportasi umum di darat, laut dan udara.

Dengan adanya larangan ini, angkutan umum pun tidak bisa beroperasi, terutama yang ada di daerah yang masuk zona merah virus Corona.

Bahkan banyak yang menutup operasional hingga penerapan aturan tersebut dicabut atau selesai.

Baca juga: Darurat Corona, Warga DKI Jakarta Bebas Denda Pajak Kendaraan

Salah satunya adalah operasional bandara Soekarno - Hatta dan sejumlah bandara lainnya di Indonesia. PT Angkasa Pura II (Persero) sudah memutuskan untuk menghentikan penerbangan untuk komersial.

Kondisi mobil Suzuki Grand Vitara yang parkir di Bandara Adi Soemarmo lebih dari enam bulan. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai lebih dari Rp 10 juta.KOMPAS.COM/Ari Purnomo Kondisi mobil Suzuki Grand Vitara yang parkir di Bandara Adi Soemarmo lebih dari enam bulan. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai lebih dari Rp 10 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan untuk pengiriman logistik tetap beroperasi seperti biasanya. Dengan adanya penutupan ini, otomatis banyak kendaraan yang harus parkir lebih lama di terminal bandara.

Hal ini disebabkan, karena pemilik kendaraan belum bisa pulang kampung dan mengambil kendaraannya.

Mobil yang terparkir lama dan tidak digunakan sama sekali akan berpotensi menyebabkan kerusakan di sejumah komponennya.

Berikut komponen mobil yang rawan mengalami kerusakan.

Sistem pengereman

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.