Rawat Mobil Transmisi Matik, Jangan Cuma Sekadar Panaskan Mesin

Kompas.com - 25/04/2020, 16:47 WIB
Ilustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci. KompasOtomotif-Donny AprilianandaIlustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil transmisi matik yang tidak digunakan berkendara jauh selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) perlu dilakukan perawatan. Namun, perawatannya juga bukan hanya sekadar memanaskan mesin saja.

Hermas Efendi Prabowo, dari bengkel Worner Matic, spesialis mobil matik, mengatakan, mesin mobil perlu dihidupkan, setidaknya 3 hari sekali. Tujuannya untuk menghindari sel akinya beku. Jika sel aki beku, maka dipastikan komponen tersebut rusak.

Baca juga: Cara Mudah Periksa Kesehatan Mobil Matik Selama PSBB

"Jika mesin lama tidak dihidupkan, yang dikhawatirkan adalah bagian crankshaft dan camshaft menjadi kering atau tidak terlumasi. Selain itu, oli juga bisa mengental. Jika seperti itu, saat mesin akan dihidupkan, bisa muncul suara kasar," ujar Hermas, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.Kompas.com/Alsadad Rudi Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.

Hermas menambahkan, untuk memanaskan mesin, cukup 15 menit saja atau sampai air radiator bersirkulasi. Jika air radiator tidak bersirkulasi, dikhawatirkan terjadi pengendapan dan bisa menimbulkan korosi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setelah mesin dihidupkan dan dalam keadaan idle, geser tuas transmisi ke semua posisi. Biarkan selama 5 detik, untuk memastikan semua clutch terlumasi dengan baik. Jalankan mobil, agar kampas rem tidak mengunci," kata Hermas.

Baca juga: Pahami Arti dari Angka dan Huruf di Tuas Transmisi Mobil Matik

Pastikan semua sistem bekerja dengan baik, mulai dari AC, lampu sen, lampu utama, lampu hazard, lampu rem, lampu mundur, klakson, lampu kabin, dan power window.

"Sekali lagi, semua tersebut dilakukan untuk memastikan semua sistem bekerja dengan baik dan mobil selalu siap digunakan ke mana saja dan kapan pun dibutuhkan, tanpa perlu merasa khawatir," ujar Hermas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X