Polres Bogor Jaga 2 Lokasi Ini untuk Cegah Kendaraan yang Nekat Mudik

Kompas.com - 26/04/2020, 03:04 WIB
Salah satu pintu masuk Kota Banjarmasin diblokir menggunakan pagar besi pada pemberlakuan jam malam PSBB Banjarmasin hari pertama, Jumat (24/4/2020). KOMPAS.com/ANDI MUHAMMAD HASWARSalah satu pintu masuk Kota Banjarmasin diblokir menggunakan pagar besi pada pemberlakuan jam malam PSBB Banjarmasin hari pertama, Jumat (24/4/2020).
Penulis Ari Purnomo
|

BOGOR, KOMPAS.com- Jajaran Polres Bogor memfokuskan penyekatan pencegahan adanya pemudik di dua lokasi, yakni di perbatasan dengan Cianjur dan Sukabumi.

Hal ini dilakukan menyusul adanya larangan mudik Lebaran 1441 H, sesuai dengan Peraturan Kementerian Perhubungan (Permenhub) nomor 25 tahun 2020.

Selain itu juga melaksanakan Operasi Ketupat 2020 yang dimulai 24 April hingga 31 Mei 2020. Tujuan utama giat tersebut adalah melarang masyarakat mudik Lebaran di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

Baca juga: Selama Terapkan PSBB, Ganjil Genap Jakarta Masih Ditiadakan

Dengan adanya penyekatan di dua titik ini, bisa mencegah adanya pemudik yang ingin pulang kampung melalui dua jalur tersebut.

Petugas gabungan sedang melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas di pintu Tol Jagorawi di hari pertama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Kota Bogor, Rabu (15/4/2020).KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Petugas gabungan sedang melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas di pintu Tol Jagorawi di hari pertama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Kota Bogor, Rabu (15/4/2020).

Kasatlantas Polres Bogor, AKP M. Fadli Amri mengatakan, penyekatan pemudik di dua lokasi tersebut perlu dilakukan untuk mencegah agar tidak ada pemudik yang nekat melintas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dua titik itu adalah di pos Rindu Alam yang berbatasan dengan Cianjur dan di pos Cigombong yang berbatasan dengan Sukabumi,” katanya kepada Kompas.com, Sabtu (25/4/2020).

Sementara sisanya, lanjut Fadli adalah pengawasan yang dilakukan di titik-titik yang merupakan check point penyekatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga: Mobil Parkir Lama di Bandara, Ini Komponen yang Rawan Rusak

Untuk pelaksanaan penyekatan ini, Fadli menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Jabar serta dengan Korlantas Polri.

“Selain itu juga sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya, dijelaskan bahwa warga Jabodetabek masih bisa beraktifitas,” ucapnya.

Pemeriksaan kendaraan yang masuk ke Kota Pekanbaru, Riau, di perbatasan Pekanbaru-Kampar dalam rangka PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19, Jumat (17/4/2020).KOMPAS.COM/IDON Pemeriksaan kendaraan yang masuk ke Kota Pekanbaru, Riau, di perbatasan Pekanbaru-Kampar dalam rangka PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19, Jumat (17/4/2020).

Hal ini dikarenakan, wilayah tersebut merupakan daerah penyokong dan khusus warga Bogor, masih banyak yg bekerja di Jakarta.

Sehingga untuk larangan mudik pihaknya berfokus ke perbatasan di luar Jabodetabek, seperti di Rindu Alam dan di Cigombong.

Baca juga: Darurat Corona, Warga DKI Jakarta Bebas Denda Pajak Kendaraan

“Poskonya sudah didirikan dari awal PSBB berlaku di tanggal 15 april. Kami juga masih tetap melaksanakan penyekatan PSBB di wilayah Bogor,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.