Kecelakaan Tol Cipularang, Ini Tindakan Tepat Saat Mobil Terbakar

Kompas.com - 03/09/2019, 07:52 WIB
Kecelakaan beruntun di Cipularang, Jawa Barat Kecelakaan beruntun di Cipularang, Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan di ruas jalan tol Cipularang, tepatnya di KM 91, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2/9/2019).

Insiden ini melibatkan 20 kendaraan dan beberapa di antaranya sampai menyebabkan mobil ludes terbakar.

Dalam kondisi mobil terbakar, perlu diketahui bahwa ada kemungkinan mobil bisa meledak. Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan bahwa ledakan bisa langsung terjadi jika mobil tersebut menggunakan bahan bakar gas.

Baca juga: Ada Kecelakaan Beruntun, Tol Cipularang Diberlakukan Satu Arah

"Untuk yang menggunakan bensin, ada kemungkinan meledak jika tangkinya bocor," ujar Imam, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Kecelakaan beruntun di Cipularang, Jawa Barat Kecelakaan beruntun di Cipularang, Jawa Barat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ledakan di tangki bensin bisa terjadi ketika ada kebocoran pada tangki. Lalu, menciptakan gas yang menguap hingga tekanan di dalam tangki menjadi berlebih.

Dalam hal ini, ruang kosong di dalam tangki juga berpengaruh. Jika tangki bensin penuh, resiko terjadinya ledakan cenderung kecil.

Imam menambahkan, jika mobil terbakar setelah terjadi tabrakan, diperkirakan adanya kebocoran bahan bakar setelah terjadi impak.

Selain bensin, cairan yang terdapat pada kendaraan yang juga mudah terbakar adalah oli, seperti oli mesin, oli transmisi, oli power steering, dan lainnya.

Baca juga: Perkara Sepele Bikin Mobil Bisa Terbakar

"Jika mobil sudah terbakar dan tidak sempat dipadamkan, sebaiknya berlindung ke tempat yang aman. Setidaknya, jaraknya 10 meter sampai dengan 20 meter dari mobil tersebut," kata Imam.

Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang, Jawa Barat, Senin (2/9/2019).KOMPAS TV Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang, Jawa Barat, Senin (2/9/2019).

Untuk mobil yang berbahan bakar gas, Imam menyarankan, sebaiknya menghindar sejauh mungkin. Cari tempat yang sekiranya aman, karena kondisinya bisa saja berbeda-beda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.