Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tiba-tiba Terbakar, Jangan Panik dan Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 03/10/2018, 10:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa kebakaran mobil beberapa waktu belakangan kerap terjadi. Kebanyakan kebakaran tersebut dimulai saat mobil tengah digunakan atau bergerak di jalan raya.

Meski bukan sesuatu yang diharapkan terjadi, pengemudi wajib mengetahui langkah-langkah penyelematan yang harus dilakukan bila berhadapan dengan situasi semacam itu.

Praktisi dan instruktur keselamatan berkendara Rudy Novianto mengungkapkan ada beberapa hal yang perlu segera dilakukan oleh pengemudi saat mobilnya mulai bermasalah.

"Biasanya tanda-tanda ketidakberesan muncul seperti asap dari kap mesin atau tanda-tanda lain. Pengemudi harus awas dengan hal ini. Sebelum api mulai membesar ada baiknya membawa mobil ke pinggir jalan untuk kemudian melakukan tindakan pertolongan atau mendapat pertolongan dari orang lain," ucap Rudy saat dihubungi Selasa (2/10/2018).

Bila kendaraan langsung mati atau mogok di tengah jalan hal yang harus dilakukan adalah tidak panik. Segera perintahkan penumpang untuk keluar terlebih dahulu dan membawa mereka dengan aman ke pinggir jalan.

Hal yang sama juga dilakukan pada mobil yang masih bisa bergerak dan mengarah ke pinggir jalan atau tempat aman. Selamatkan terlebih dahulu penumpang dan segera menjauh dari kendaraan.

Baca juga: Xpander Ludes Terbakar di Pekanbaru

"Tidak disarankan untuk mengurusi barang bawaan atau barang yang tertinggal di dalam mobil. Karena dapat bertaruh nyawa. Keselamatan diri adalah prioritas teratas," ucap Rudy.

Setelah mengamankan penumpang, upaya berikutnya adalah mencoba memadamkan api. Akan lebih baik bila di dalam mobil sudah disiapkan alat pemadam api ringan (APAR) untuk membantu memadamkan api.

Sumber kebakaran biasanya terjadi di balik kap mesin dan akan membuat pemadaman berlangsung cukup sulit. Usahakan mendapat bantuan pemadaman dari sumber lain seperti air dari selang atau tambahan APAR milik masyarakat sekitar.

"Jangan lupa untuk segera meminta bantuan melaporkan kejadian ke pemadam kebakaran atau petugas kepolisian terdekat. Ini untuk mendapat penangan lebih lanjut dari peristiwa kebakaran tersebut," ucap Rudy.

Peristiwa kebakaran terakhir menimpa satu unit Mitsubishi Xpander di Pekanbaru. Saat ini penyebab kebakaran tersebut masih diinvestigasi oleh Mitsubishi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com