Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Sportif Sopir Bus Dewi Sri dan Bus Haryanto Konvoi di Malam hari

Kompas.com - 20/06/2023, 08:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Bus AKAP punya waktu operasi yang panjang, bahkan sopir harus mengarungi gelap malam agar bisa sampai tujuan dengan selamat. Maka dari itu, sopir bus akan mudah mendapatkan teman baru dengan rekan satu profesi meski beda perusahaan otobus (PO).

Berkendara di malam hari kerap menjadi tantangan bagi sopir bus AKAP. Agar berkendara jadi lebih mana, pada kondisi tersebut para sopir bus AKAP punya kode tertentu beserta artinya.

Misalnya seperti pada video Tiktok yang diunggah akun @explorebuslovers, menampilkan aksi sportif antara bus PO Dewi Sri dan PO Haryanto. Kendati berbeda PO, kedua bus pada video tersebut, nampak kompak dengan memberikan kode dan membaca kode.

Baca juga: Video Pengendara Motor Sepelekan Spion, Rawan Jadi Korban Kecelakaan

Bus dari PO Dewi Sri yang berada di depan memandu bus yang ada di belakangnya dengan memberikan kode dari lampu sein kanan menyala namun bus goyang ke kiri, atau lampu sein kiri menyala namun bus goyang ke kanan setelah selesai menyalip.

@explorebuslovers Konvoi Sportif ???? beda Po tetep Sedulur ???? #dewisri #poharyanto #kodeseinbus #ayonaikbus #explorebuslovers #busmalamcepat #busmalam ? suara asli - pemudaakhirzaman


Kode tersebut artinya sopir bus yang ada di depan memberikan celah sudut pandang kepada bus di belakang untuk bisa melihat suasana di depan, sehingga bus yang ada di belakang aman untuk menyalip.

Baca juga: Waktu Ideal Mengganti Filter Udara Sepeda Motor

Menanggapi video tersebut, Agus salah satu sopir bus PO Subur Jaya mengatakan, kode yang diberikan oleh sopir bus PO Dewi Sri yakni untuk memberikan tanda bahwa ada ruang yang aman untuk PO Haryanto untuk menyalip.

“Pada video itu bus Haryanto langsung menyalip bus Dewi Sri karena situasi di depan aman. Ini memang sering kita lakukan di malam hari karena berkendara sendiri itu rentak ngantuk. Jadi walaupun beda PO, sesama sopir bus AKAP kerap konvoi saling memberikan kode dari bus yang ada di depan kepada bus di belakang,” kata Agus kepada Kompas.com, Minggu (20/6/2023).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com