Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X, Seberapa Hemat?

Kompas.com - 07/05/2024, 09:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery Tiggo 5X menawarkan cita rasa berkendara baru SUV ringkas di Tanah Air. Terlebih, kendaraan ini dipasarkan dengan harga relatif terjangkau di bawah Rp 300 juta.

Dibekali mesin 1.500 cc Naturally Aspirated (NA) dengan 4 silinder segaris, model penyempurna Tiggo 4 ini mampu mengembuskan tenaga 112 Tk dan torsi maksimum 138 Nm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Performa tersebut lebih baik dibanding beberapa model yang sudah lebih dahulu dikenal, seperti Wuling Alvez atau bahkan Mitsubishi XForce dari kelas LSUV. Tapi masih di bawah Honda WR-V yang memiliki output 119 dk.

Baca juga: Bahas Desain Chery Tiggo 5X, Kompak Tapi Kekinian

Chery Tiggo 5XKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Chery Tiggo 5X

Lantas bagaimana efisiensi BBM-nya? Mengingat pada pengetesan Kompas.com beberapa waktu lalu, rata-rata konsumsi BBM untuk kendaraan sejenis mencapai 10 kilometer per liter (kpl) sampai 15 kpl di dalam kota.

Sebagaimana pengujian yang rutin dilakukan redaksi, Tiggo 5X digunakan untuk berkendara harian. Teknik berkendara yang digunakan normal, bukan eco driving dengan kondisi radio dan AC diaktifkan sewajarnya.

Bensin yang digunakan adalah RON 92 dari Pertamax, sementara kabin hanya diisi oleh satu orang dengan bobot 55 kilogram.

Jalur perkotaan yang dilewati ialah wilayah Kota Bekasi - Kalimalang - Jakarta Selatan dengan kondisi lalu lintas yang cukup dinamis. Selain melewati jalan raya, pada beberapa kondisi juga diselingi lewat jalan tol dalam kota.

Baca juga: Kasus As Roda Chery Omoda 5 Patah di Malaysia, Bagaimana di Indonesia?

First drive Chery Tiggo 5 XKompas.com/Adityo First drive Chery Tiggo 5 X

Adapun mengenai jam pengendaraan, rata-rata dilakukan mulai pukul 09.00 WIB dari Kota Bekasi menuju Menara Kompas di Palmerah Selatan, Jakarta Selatan. Lantas kembali ke Kota Bekasi sekitar pukul 15.00 WIB.

Selama pengendaraan, tidak ada catatan khusus mengenai performa. Hanya saja memang terasa karakter mesin yang seperti tertahan ketika putaran rendah membuat pengemudi perlu sedikit melakukan penyesuaian.

Setelah tiga hari digunakan, tercatat rata-rata konsumsi BBM Tiggo 5X mencapai 12,2 kpl untuk jarak pengendaraan 82,4 kilometer. Artinya, dibandingkan model-model lain, tingkat efisiensi BBM produk Chery ini biasa saja.

Baca juga: Begini Tahapan Cabut Berkas Kendaraan Bermotor Tanpa Calo

Konsumsi BBM Chery Tiggo 5XKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X

Namun perlu dicatat, hasil yang didapatkan oleh redaksi Kompas.com tidak bisa dijadikan patokan pasti. Bisa saja pada lain pengujian jauh lebih baik atau sebaliknya sebab saat tes mayoritas jalanan macet.

Kemudian beda kondisi jalan, cara berkendara, bobot, bahan bakar yang digunakan, serta kondisi performa mobil juga akan sangat berperan menentukan efisiensi bahan bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com