Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Yamaha Fazzio Yogyakarta-Solo, Nyaman dan Lincah

Kompas.com - 07/05/2024, 09:22 WIB
Adityo Wisnu Prabowo,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah memasarkan Fazzio Hybrid Connected sejak 18 Januari 2022. Motor ini menjadi skutik hybrid pertama di segmen 125 cc.

Pada Sabtu (4/5/2024), Kompas.com berkesempatan untuk menjajal Yamaha Fazzio di Jawa Tengah, tepatnya rute Yogyakarta-Solo-Salatiga dengan total jarak tempuh 166 Km.

Perjalanan kali ini dimulai dari Cafe Cosan di Kota Yogyakarta, menuju Solo dengan jarak tempuh 92,3 km.

Baca juga: Update Harga Skutik Murah Mei 2024, Honda dan Yamaha Kompak Naik

Test Ride Yamaha Fazzio Yogyakarta-SalatigaYIMM Test Ride Yamaha Fazzio Yogyakarta-Salatiga

Kondisi jalanan kota Yogyakarta yang ramai dan sempit terasa alami untuk Yamaha Fazzio. Motor terasa lincah dan mudah dikendalikan. Desainnya yang ringkas membuatnya mudah untuk melalui jalanan kecil dan ramai.

Lepas dari jalanan kota Yogyakarta, rute yang dilalui rombongan adalah Jalan Raya Solo-Yogyakarta dan jalan alternatif pedesaan. Mesin 125cc Bluecore Hybrid mengeluarkan tenaga 8.4 tk dan torsi 10.6 NM, cukup untuk kondisi jalanan yang terbilang lengang. Tarikan gas motor masih responsif sampai di 60-an Kpj, demikian juga getaran terasa minim.

Ditambah Fitur Electric Power Assist berfungsi saat motor posisi stop n go di lampu merah, fungsinya meningkatkan tarikan saat awal akselerasi, tepatnya pada 3 detik pertama motor melaju.

Bantingan suspensi Yamaha Fazzio saat melalui jalan antar kota terbilang empuk, didukung juga dengan velg 12 inci dan bobot ringan. Rombongan juga melewati jalan yang bergelombang dan motor ini masih bisa meredam dengan baik alhasil mudah di kendalikan.

Baca juga: Cara Urus Balik Nama Kendaraan jika STNK Hilang

Test Ride Yamaha Fazzio Yogyakarta-SalatigaYIMM Test Ride Yamaha Fazzio Yogyakarta-Salatiga

Berbeda dengan rute Yogyakarta-Solo yang relatif landai, rute Solo-Salatiga dominan tanjakan turunan. Untuk rute sejauh 73,7 km ini walaupun butuh bukaan gas yang lebih besar, Yamaha Fazzio dengan mudah dapat melibasnya.

Secara keseluruhan, Yamaha Fazzio memiliki dimensi yang ringkas, impresi berkendara jarak jauhnya nyaman dan menyenangkan namun lebih cocok lagi jika digunakan harian di perkotaan.

Fazzio saat ini dijual Rp 22.700.000 (OTR Jakarta) untuk tipe Neo, dan Rp 23.350.000 (OTR Jakarta) untuk tipe Lux Connected.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com