Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Keunggulan Fitur Idle Stop pada Sepeda Motor

Kompas.com - 23/12/2022, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kini banyak sepeda motor yang dilengkapi dengan fitur Idling Stop System atau ISS. Fitur tersebut dapat membuat mesin berhenti bekerja secara otomatis bila kendaraan berada pada lampu merah atau kemacetan.

Ketika pengendara perlu menghidupkan mesin, cukup dengan menarik tuas gas saja maka otomatis mesin akan bekerja kembali. Sistem akan membuat mesin hidup tanpa harus menekan tombol apa pun.

Lantas, apa keunggulan motor yang dilengkapi Idling Stop System?

Baca juga: Mengenal Fitur ISS pada Honda Vario 125

Fitur Idling Stop System (ISS) pada sepeda motor HondaDok. DAM Fitur Idling Stop System (ISS) pada sepeda motor Honda

Technical Training Instructor Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro, mengatakan motor yang dilengkapi fitur ISS tentu memiliki keunggulan daripada motor lain.

“Sepeda motor yang dilengkapi ISS bakal memiliki rata-rata konsumsi bahan bakar lebih tinggi, karena sistem ini memastikan tidak ada bensin yang terbuang sia-sia ketika sepeda motor berhenti di lampu merah atau kemacetan,” ucap Danang kepada Kompas.com, Jumat (23/12/2022).

Dia juga mengatakan selain menghemat bahan bakar, sepeda motor yang dilengkapi ISS bakal mengurangi polusi udara.

Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Rush GR Sport, Bisa Beda Saat Pakai ISS

Fitur Idling Stop System (ISS) pada sepeda motor HondaDok. DAM Fitur Idling Stop System (ISS) pada sepeda motor Honda

“Emisi gas buang akan berkurang bila banyak sepeda motor yang menggunakan fitur ISS, karena jumlah sepeda motor cukup banyak dan masih menjadi transportasi yang banyak diandalkan oleh masyarakat,” ucap Danang.

Menurut Danang, banyak pengendara sepeda motor akan terbebas dari poluis udara bila makin banyak pengguna motor yang dilengkapi ISS.

“Dia mengatakan polusi udara di kemacetan sangat terasa bagi pengendara sepeda motor, dengan dengan fitur ISS maka hal itu akan berkurang,” ucap Danang.

Baca juga: Fitur ISS, Benarkah Bikin Aki Motor Cepat Tekor?

New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.KOMPAS.com/Gilang New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.

Danang mengatakan, sebenarnya bisa saja setiap motor yang bermacet-macetan mematikan mesin tanpa fitur ISS.

“Tapi cara tersebut tentu akan membuat semakin panjang kemacetan, karena tentu cara tersebut tidak praktis, belum tentu saja ketika menghidupkan mesin bakal langsung menyala, tapi kalau motor yang menggunakan ISS kan tidak?,” ucap Danang.

Dia mengatakan motor yang dilengkapi ISS akan membuat pengoperasian kendaraan lebih mudah.

Baca juga: Aki Ini Maksimal Sokong Mobil Berteknologi ISS

“Tinggal tarik tuas gas, maka mesin akan kembali bekerja selama fitur ISS diaktifkan, karena fitur ini sudah didesain dengan matang, sehingga aman dan cocok digunakan oleh pengendara,” ucap Danang.

Jadi, keunggulan motor yang dibekali ISS adalah konsumsi bahan bakar yang lebih hemat, dapat mengurangi polusi udara serta mudah dalam pengoperasiannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com