Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Idling Stop System pada Motor Honda Bisa Aktif

Kompas.com - 23/12/2022, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor Honda banyak yang dilengkapi dengan Idling Stop System (ISS). Fitur yang bisa membuat mesin mati secara otomatis ketika tidak dibutuhkan ini rupanya memiliki desain sistem yang matang.

Sehingga, fitur ini akan membuat mesin mati pada saat yang tepat atau istilahnya tidak salah sasaran. Sehingga, pada kondisi tertentu memang fitur ISS tidak akan bisa aktif meski tombol sudah diaktifkan.

Untuk memahami seperti apa desain fitur ISS ini, mari kita simak syarat-syarat yang harus dipenuhi agar fitur ini bisa aktif.

Baca juga: Mengenal Fitur ISS pada Honda Vario 125

Technical Training Instructor Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro, mengatakan fitur ISS tidak akan aktif secara otomatis bila syarat-syaratnya tidak terpenuhi.

“Syarat agar fitur ISS aktif, yaitu tombol Idling Stop harus pada posisi ‘Idling Stop’ yang utama, jadi bila tombol tidak diaktifkan mesin tidak akan mati secara otomatis,” ucap Danang kepada Kompas.com, Jumat (23/12/2022).

Dia mengatakan fitur ISS memang diperuntukkan untuk pengendara yang benar-benar membutuhkan asisten untuk mematikan mesin ketika di lampu merah atau tempat-tempat macet.

Baca juga: Fitur ISS, Benarkah Bikin Aki Motor Cepat Tekor?

Indikator ISS akan menyala bila fitur ISS aktifKompas.com/Erwin Setiawan Indikator ISS akan menyala bila fitur ISS aktif

“Putaran mesin juga harus masuk ke zona idle standar, yaitu sekitar 1700 rpm toleransi 100 rpm, jadi tidak mungkin motor sedang digunakan tiba-tiba mengalami mati otomatis, karena fitur itu akan bekerja begitu terdeteksi motor sedang posisi stasioner,” ucap Danang.

Dia juga mengatakan putaran mesin yang terlalu rendah juga akan membuat syarat tidak terpenuhi, sehingga ISS tidak akan bekerja.

“Bila putaran mesin terlalu rendah, itu bisa menjadi pertanda bahwa ada kendala pada mesin, sehingga sistem tidak akan mengizinkan sistem ISS bekerja,” ucap Danang.

Baca juga: Aki Ini Maksimal Sokong Mobil Berteknologi ISS

Fitur Idling Stop System (ISS) pada sepeda motor HondaDok. DAM Fitur Idling Stop System (ISS) pada sepeda motor Honda

Dia juga mengatakan syarat lainnya yaitu tuas gas harus pada posisi tertutup penuh, bila tidak maka sistem tidak akan bekerja.

“Handle gas (throttle) dalam posisi tertutup penuh, ini menandakan bahwa motor memang sedang tidak membutuhkan putaran mesin untuk menggerakkan laju kendaraan,” ucap Danang.

Selain itu, dia juga mengatakan ada temperatur mesin yang harus terpenuhi. Bila suhu mesin masih di bawah suhu ideal mesin bekerja maka ISS tidak akan aktif.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Idling Stop System pada Sepeda Motor?

Fitur Idling Stop System (ISS) pada sepeda motor HondaDok. DAM Fitur Idling Stop System (ISS) pada sepeda motor Honda

“Minimal temperature harus melebihi 60 derajat celcius, itu artinya suhu mesin sudah mencapai suhu kerja mesin yang ideal, bila masih dingin mesin masih membutuhkan pemanasan dengan menaikkan putaran mesin,” ucap Danang.

Dia juga mengatakan ketika tombol ISS dipencet, maka sistem tidak akan langsung bekerja dengan menghentikan putaran mesin melainkan kendaraan harus dibuat jalan terlebih dulu.

“Motor harus dibuat melaju, minimal mencapai kecepatan melebihi 10 Km per jam agar sistem memberikan akses ke ISS untuk aktif bekerja,” ucap Danang.

Baca juga: Muluncur 17 September, Daihatsu Terios Punya Fitur Idling Stop

Ketika ISS sudah aktif, Danang mengatakan begitu sepeda motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik, maka lampu indikator ISS akan otomatis berkedip, dan mesin akan mati secara otomatis menandakan ISS telah aktif.

Nah itu tadi syarat yang wajib terpenuhi agar fitur ISS pada motor Honda aktif. Untuk menghidupkan mesin kembali, anda cukup memutar handle gas dan motor akan langsung menyala tanpa perlu menekan tombol start engine lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com