Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi BBM Toyota Rush GR Sport, Bisa Beda Saat Pakai ISS

Kompas.com - 12/09/2022, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Rush GR Sport hadir membawa nuansa sporty yang kental, baik pada eksterior maupun interior. Kenyaman serta performa yang ditawarkan juga cocok untuk digunakan berkendara harian di perkotaan.

Rush GR Sport juga dibekali dengan banyak fitur-fitur yang dapat mendukung kenyamanan, keamanan, hingga meningkatkan konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Baca juga: Jajal Performa Toyota Rush GR Sport, Opsi LSUV RWD di Pasar

Terkait konsumsi BBM, Rush GR Sport sedikit berbeda dengan Rush tipe G. Sebab, sport utility vehicle (SUV) dengan mesin 1.5 L ini sudah dilengkapi dengan fitur Idling Stop System (ISS).

Toyota Rush GR SportKompas.com/Donny Toyota Rush GR Sport

Kompas.com sudah melakukan pengujian dengan rute dalam kota sejauh 50 km. Kondisi lalu lintas yang dilalui juga dinamis dan stop and go, terkadang lengang dan sempat juga melewati kemacetan.

Saat fitur ISS dinonaktifkan, konsumsi BBM yang dicatatkan oleh mobil ini pada layar MID adalah 12 kilometer per liter. Sementara ketika fitur ISS diaktifkan, konsumsi BBM menjadi lebih efisien, yakni 13,6 kilometer per liter.

Baca juga: Ulas Kenyamanan Kabin Toyota Rush GR Sport

Untuk pengetesan ke luar kota atau di jalan tol, konsumsi BBM yang dihasilkan oleh Rush GR Sport sama seperti Rush tipe G, yakkni 16,3 kilometer per liter. Sebab, di jalan tol kondisi lalu lintasnya cukup lancar dan tidak membutuhkan pengereman hingga fitur ISS aktif.

Interior Toyota Rush GR SportKompas.com/Donny Interior Toyota Rush GR Sport

Namun, perlu diketahui, konsumsi BBM yang dihasilkan setiap pengendara bisa berbeda. Sebab, ada banyak faktor yang dapat menentukan efisiensi BBM, seperti gaya berkendara, kondisi lalu lintas yang dilalui, tekanan udara pada setiap ban, beban muatan di kabin, dan lainnya.

Toyota memasarkan Rush GR Sport dengan harga Rp 302,2, juta (OTR Jakarta). Sedangkan untuk tipe G, dibanderol Rp 278,8 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com