Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aki Ini Maksimal Sokong Mobil Berteknologi ISS

Kompas.com - 19/08/2016, 19:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Astra Otoparts meluncurkan varian aki GS Astra Q-85 yang mampu mendukung teknologi ISS (Idle Stop System). ”Aki kering” ini mulai menampakkan diri di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, di ICE, BSD City, Tangerang.

Dari keterangan tenaga penjual yang ditemui KompasOtomotif (19/8/2016), GS Astra ISS memiliki beberapa keunggulan dibandingkan aki pada umumnya. Karena pada dasarnya mobil yang telah mengadopsi ISS membutuhkan aki berbeda.

Seperti diketahui, ISS adalah teknologi yang membuat mesin kendaraan mati secara otomatis saat kondisi berhenti karena macet atau saat lampu merah. Mesin otomatis menyala begitu pedal gas diinjak, tanpa harus menstater terlebih dahulu.

”Mobil-mobil yang sudah menerapkan teknologi ISS butuh aki yang mampu menerima energi listrik dengan dengan jumlah besar, tapi cepat. Aki harus tahan lama,” kata sang tenaga penjual.

Menurutnya, aki mobil yang sudah pakai teknologi ISS bakal berkerja cukup berat, tak cukup dengan aki biasa. Pasalnya, saat mesin mati, kipas AC masih menyala, begitu juga dengan audio. Aki harus suplai listrik besar lagi saat mesin mulai menyala kembali.

Aki ini dikatakan kompatibel dengan seluruh kendaraan yang telah dilengkapi teknologi ISS. Misalnya, beberapa tipe Mazda yang sudah pakai teknologi Skyactiv. Harga yang dipatok untuk aki jenis ini Rp 3,3 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com