Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur ISS, Benarkah Bikin Aki Motor Cepat Tekor?

Kompas.com - 21/06/2020, 09:25 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa skutik modern sudah dibekali dengan fitur canggih, salah satunya adalah fitur Idling Stop System (ISS).

Fitur ini akan membuat mesin motor mati secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik. Pengendara tidak perlu menstarter ulang motor untuk menyalakan mesin, cukup menarik tuas gas saja.

Namun, banyak pengemudi motor yang jarang mengaktifkan mode idling ketika berkendara. Sebab, fitur ini dinilai akan membuat aki sering tekor karena mesin motor nyala-mati secara otomatis.

Baca juga: Peduli Pandemi, Komunitas Wuling Cortez Donasikan Masker dan Sembako

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan, teknologi ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang sehingga pemakaian bahan bakar jadi lebih irit.

Para pengguna kendaraan roda dua berhenti di marka pembatasan jarak 1 meter di traffic light Simpang Lima Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (10/6/2020).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Para pengguna kendaraan roda dua berhenti di marka pembatasan jarak 1 meter di traffic light Simpang Lima Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (10/6/2020).

“Untuk mengaktifkannya, cukup tekan tombol ISS ke arah bawah. Saat lampu indikator ISS menyala, itu mendadakan bahwa sistem tersebut sudah aktif,” ujar Ribut kepada Kompas.com, Sabtu (20/6/2020).

Baca juga: Jangan Sembarangan Ganti Ukuran Ban Motor

Kemudian, gunakan electric starter saat menyalakan mesin motor. Sebab, ISS akan bekerja hanya bila pengemudi meyalakan motor menggunakan electric starter.

“Jika menggunakan kick starter atau manual, maka fitur ini tidak akan berfungsi. Hal ini dikarenakan sensor mendeteksi ada indikasi masalah kelistrikan jika menyalakan menggunakan kick starter,” kata Ribut.

Bicara soal aki, pemilik kendaraan tidak perlu khawatir. Sebab, pabrikan motor sudah memperhitungkan kebutuhan dan kekuatan arus listrik aki yang dibutuhkan agar fitur ISS berfungsi dengan baik, serta aki tetap tahan lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com