Kompas.com - 27/09/2022, 11:12 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Honda Vario 125 model baru telah meluncur belum lama ini. Ada beberapa ubahan pada desain bodinya dan penambahan beberapa fitur seperti pengisian daya smartphone di laci.

Sementara itu, beberapa teknologi lama masih digunakan seperti CBS untuk pengoptimalan rem dan ISS untuk memastikan penghematan konsumsi bahan bakar.

Untuk fitur Idling Stop System (ISS) pada Honda Vario 125 rupanya bukan teknologi asal-asalan. Ada sistem pengaman yang membuat ISS minim risiko saat sedang dioperasikan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Rem CBS Honda Vario 125 Kurang Pakem?

Modifikasi Honda New Vario 125KOMPAS.com/Adityo Modifikasi Honda New Vario 125

Kepala Bengkel Ahass Baron Surakarta Canon, mengatakan ada beberapa pengaman pada ISS yang disematkan pada Honda Vario sehingga pengendara tidak perlu khawatir mesin motor tiba-tiba mati di jalan.

“ISS pada Honda Vario 125 dilengkapi pengaman berupa sistem penonaktifan ISS ketika syarat-syarat tidak terpenuhi, jadi hal itu tidak akan membuat mesin mati saat tidak diinginkan,” ucap Canon kepada Kompas.com, Senin (26/9/2022).

Dia mengatakan sistem ISS dikhawatirkan membuat motor mogok di jalan, karena sebenarnya sistem tersebut seperti melakukan start ulang untuk menghidupkan mesin kembali.

Baca juga: Minat Honda Vario 125 Bekas, Sebelum Beli Perhatikan Ini

Honda Vario 125dok. AHM Honda Vario 125

“Jadi sistem tersebut (ISS) bisa dikatakan banyak memakan daya baterai karena saat mesin mati kondisi lampu tetap menyala, dan begitu ingin menghidupkan kembali butuh daya lebih karena proses tersebut sama halnya melakukan start ulang,” ucap Canon.

Dia menjelaskan mungkin saja hal-hal tersebut membuat khawatir pengendara Honda Vario, seperti ancaman baterai drop dan mesin susah dihidupkan kembali.

“Apalagi Honda Vario 125 sejak keluaran tahun 2018 sudah tidak menggunakan kick starter, jadi memang benar-benar mengandalkan baterai untuk menyalakan mesin, hal itu tentu bisa bikin pengendara khawatir,” ucap Canon.

Baca juga: Harga Naik Rp 1 Jutaan, Ini Fitur Baru New Honda Vario 125

New Honda Vario 125KOMPAS.com/Adito New Honda Vario 125

Sementara itu, dia mengatakan bahwa hal tersebut bukan masalah karena ISS sudah dilengkapi sistem pengaman berupa informasi voltase aki di dashboard, serta ada sistem yang membuat ISS tidak akan bekerja bila aki mulai lemah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.