Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Penjual Motor Bekas buat Akali Aturan PSBB

Kompas.com - 15/04/2020, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Showroom sepeda motor bekas menjadi salah satu sektor yang terkena kebijakan Pergub DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2020, mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (SPBB).

Yosia Hermanto, pedagang motor bekas dari showroom Talenta Motor di Palmerah Barat, Jakarta, mengatakan, saat ini toko fisik sudah tutup mengikuti arahan dari pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Terdampak Corona, Pasar Mobil Bekas di Solo Anjlok hingga 90 Persen

"Kalau saya sebelum PSBB toko memang sudah tutup. Saat PSBB itu dapat surat edaran jadi memang tidak buka, dan sebagian motor taruh di rumah dulu," katanya kepada Kompas.com, Rabu (15/4/2020).

Karena itu, kata Yosia, saat ini praktis penjualan lebih banyak memakai sistem daring atau online. Konsumen yang tertarik bisa melihat langsung ke rumah.

Honda Vario di pedagang motor bekas Talenta MotorKOMPAS.com/Gilang Honda Vario di pedagang motor bekas Talenta Motor

"Jadi jualan bisa lewat online doang, motor sudah saya taruh di rumah, jadi kalau misalkan ada yang tertarik mesti lihat di rumah. Karena percuma buka toko juga tidak ada penjualan," katanya.

Baca juga: Penjual Mobil Bekas Harus Putar Otak Temukan Cara Jual Selama PSBB

Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, showroom juga sudah tutup sejak diberlakukannya PSBB.

"Kita tetap iklan di online. Untuk cek kondisi motor bisa janjian soalnya showroom tutup. Kalau mau langsung dianter kita anter. Motor dicek di rumah konsumen tidak apa-apa," kata Darwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com