Penjual Mobil Bekas Harus Putar Otak Temukan Cara Jual Selama PSBB

Kompas.com - 14/04/2020, 17:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam mendukung upaya pemerintah untuk mencegah dan menurunkan kurva penyebaran Covid-19, sejumlah pedagang harus menemukan cara untuk menjual mobil bekas selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pasalnya tanpa strategi khusus, penjualan mobil bekas bakal anjlok lantaran konsumen tidak bisa berkunjung langsung ke showroom selama pandemi corona.

Halomoan Fischer, Presiden Direktur Mobil88, mengatakan, pihaknya menyediakan layanan Car On Delivery (COD).

Baca juga: Sering Dilempar Batu, Bus Lintas Sumatera Pakai Tameng Kaca Depan

Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta PusatKompas.com/Setyo Adi Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta Pusat

Fasilitas ini memungkinkan pelanggan tetap dapat melakukan proses cek dan test drive mobil yang diinginkan dari rumah tanpa harus datang ke showroom.

“Mobil akan diantarkan ke rumah tanpa harus DP atau membayar booking fee terlebih dulu. Serta bebas dari biaya antar showing selama lokasi berjarak maksimal 30 km dari showroom Mobil88 terdekat,” ucap Fischer kepada Kompas.com (14/4/2020).

Menurutnya, konsumen tinggal membuka aplikasi Mobil88 e-store dan dapat memanfaatkan layanan ini dari Senin-Sabtu pukul 09.00 sampai 15.00.

Baca juga: Bantu Driver Dapat Penghasilan, Gojek dan Grab Tagih Janji Permenhub

Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.Ari Purnomo Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.

Senada dengan hal tersebut, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, mengatakan, pihaknya kini lebih gencar memanfaatkan promosi lewat situs jual beli online dan media sosial.

“Kalau konsumen benar minat dengan mobil, silakan datang nanti kita janjian. Sebab mal tutup, jadi kan enggak bisa masuk, nanti kita cari parkiran di luar untuk bisa mengecek mobil,” kata Herjanto.

Sementara itu, Bimo Maliki pemilik showroom Malique Selatan Djakarta di Blok M Mal, Jakarta Selatan, mengatakan, konsumen masih bisa melihat mobil di lokasi pada waktu tertentu.

Baca juga: Lokasi Razia Kendaraan Selama PSBB Jakarta, Depok, Bekasi, dan Bogor

Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan

“Karena Mal Blok M tutup, khusus showroom cuma buka tiap hari Senin buat konsumen yang mau lihat kondisi mobil, Itu pun hanya dari jam 13.00 WIB sampai 15.00 WIB saja” ucap Bimo.

“Atau kalau mau test drive di luar juga bisa, ini bisa kapan saja. Tapi janjian dari hari sebelumnya agar mobil saya keluarkan dulu dari showroom,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.