Tak Ada Penutupan Jalan, Ini Syarat Berkendara di Bekasi Saat PSBB

Kompas.com - 15/04/2020, 12:01 WIB
Polisi melakukan imbauan kepada pengendara mobil untuk dapat mematuhi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan Menteng, Jakarta (11/4/2020). Iimbauan ini dilakukan agar masyarakat menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama 14 hari, yang salah satu aturannya adalah pembatasan penumpang kendaraan serta anjuran untuk menggunakan masker jika berkendara. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIPolisi melakukan imbauan kepada pengendara mobil untuk dapat mematuhi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan Menteng, Jakarta (11/4/2020). Iimbauan ini dilakukan agar masyarakat menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama 14 hari, yang salah satu aturannya adalah pembatasan penumpang kendaraan serta anjuran untuk menggunakan masker jika berkendara.
|

BEKASI, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bekasi resmi diterapkan hari ini, Rabu (15/4/2020).

Berlaku 14 hari ke depan atau hingga 28 April 2020, pembatasan aktivitas masyarakat ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona alias Covid-19 lebih meluas.

Adapun aturan teknis mengenai penerapan PSBB di Bekasi, tertuang dalam Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 22 Tahun 2020.

Kebijakan itu merupakan turunan dari Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang pedoman PSBB.

Baca juga: Lalu Lintas Dijaga Ketat Selama PSBB Bekasi, Aparat Siaga di 32 Lokasi

Arus lalu lintas di Kota Bekasi, tepatnya di perbatasan Pondok Gede dengan Lubang Buaya, Jakarta Timur, masih tampak ramai pada hari pertama penerapan pembatasan sosial berskala besar di Kota Bekasi, Rabu (15/4/2020).Tangkapan layar Kompas TV Arus lalu lintas di Kota Bekasi, tepatnya di perbatasan Pondok Gede dengan Lubang Buaya, Jakarta Timur, masih tampak ramai pada hari pertama penerapan pembatasan sosial berskala besar di Kota Bekasi, Rabu (15/4/2020).

Pada regulasi tersebut, tercantum berbagai ketentuan tentang aktivitas apa saja yang masih diperbolehkan selama PSBB di Kota Bekasi, termasuk di dalamnya terkait aturan berkendara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara umum, sebagaimana tertulis di Pasal 14 Perwal tersebut, warga masih dibolehkan keluar selama masa PSBB di Kota Bekasi. Tetapi, hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja.

Penggunaan kendaraan bermotor pun tidak dilarang, namun diimbau untuk melakukan penyesuaian guna mencegah penyebaran virus corona seperti selalu menggunakan masker, sarung tangan (khusus roda dua), menjaga jarak aman sesuai rekomendasi WHO, serta tidak berkendara jika mengalami suhu badan di atas normal atau sakit.

Dalam upaya menjaga jarak aman sesuai aturan tersebut, pengguna mobil, sepeda motor, angkutan perkretaapian, kendaraan bermotor umum, atau moda transportasi barang dibatasi jumlah orang maksimal 50 persen dari kapasitas kendaraan.

Baca juga: Tutup karena PSBB, Kapan Bengkel Motor di Jakarta, Depok, Bekasi dan Bogor Buka Lagi?

Petugas gabungan dari TNI, Polri, Polisi Pamong Praja dan Dishub DKI Jakarta melakukan imbauan kepada pengendara motor untuk dapat mematuhi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di jalan Penjernihan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2020). Imbauan ini dilakukan agar masyarakat menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama 14 hari, yang salah satu aturannya adalah pembatasan penumpang kendaraan serta anjuran untuk menggunakan masker jika berkendara.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas gabungan dari TNI, Polri, Polisi Pamong Praja dan Dishub DKI Jakarta melakukan imbauan kepada pengendara motor untuk dapat mematuhi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di jalan Penjernihan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2020). Imbauan ini dilakukan agar masyarakat menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama 14 hari, yang salah satu aturannya adalah pembatasan penumpang kendaraan serta anjuran untuk menggunakan masker jika berkendara.

"Untuk angkutan roda dua berbasis aplikasi (ojek online) dibatasi penggunaannya hanya untuk pengangkutan barang," bunyi pasal 18 ayat 6.

Kemudian, selama PSBB berlangsung tidak ada penutupan akses keluar dan masuk ke Kota Bekasi. Namun, akan ada 32 titik check point arus lalu lintas di perbatasan antara DKI Jakarta, Bogor, dan Depok.

Di sana, ujar Sekertaris Dinas Perhubungan Enung Nurholis, petugas akan memantau langsung seluruh pengendara secara terstruktur.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X