Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Kia Carnival Hybrid Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 01/07/2024, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha nampaknya tengah mempersiapkan line up kendaraan elektrifikasi terbaru untuk pasar Indonesia, yakni Kia Carnival Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Pasalnya, pabrikan asal Korea Selatan itu diam-diam terpantau telah mendaftarkan model Carnival baru dalam situs Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi Jakarta.

Dalam laman itu tertulis Carnival 1.6 HEV AT. Mobil tersebut memiliki NJKB senilai Rp 693.000.000. Banderol tersebut otomatis menjadikan Carnival HEV model termahal di keluarga MPV pintu geser Kia itu.

Baca juga: Kerusakan Umum yang Biasa Terjadi pada Mobil Bekas Taksi

Namun, NJKB bukan harga patokan ketika mobil dipasarkan ke umum. Harga ini hanya menunjukkan nilai kendaraan sebelum dikenakan pajak penjualan seperti BBNKB, PPh, PPN dan lain-lain.

Kia Carnival HEVhttps://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_NJKB Kia Carnival HEV

Saat dikonfirmasi, pihak KIA nampaknya masih enggan membocorkan kehadiran Carnival HEV di Indonesia. Namun, ada indikasi bahwa model hybrid dari Carnaval itu bakal dipamerkan di ajang Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2024.

“Tunggu saja nanti di GIIAS,” ucap Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA), Ario Soerjo, saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan singkat, Senin (1/7/2024).

Baca juga: Daftar Mobil Bekas di Bawah Rp 70 Juta, Ada Xenia, Camry dan Ferio

Sebagai informasi, varian HEV Carnival di global sudah tersedia. Secara tampilan modelnya tak jauh berbeda dengan Carnival facelift yang belum lama meluncur di Indonesia.

Mobil ini dibekali dengan mesin 1.6 turbo gasoline direct injection (GDI) engine, yang mampu menghasilkan tenaga 241,7 hp dengan torsi 366 Nm, yang bekerja bersama motor listrik 18 hp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com