Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Sebut Penalti di GP Belanda karena Senggolan dengan Bastianini

Kompas.com - 01/07/2024, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Gresini Racing Marc Marquez mendapat penalti lantaran kedapatan melanggar aturan tekanan ban pada MotoGP Belanda, yang digelar di Sirkuit Assen, Minggu (30/6/2024).

Marquez dinyatakan menggunakan tekanan ban depan lebih rendah dari parameter yang disarankan oleh pemasok resmi, dan FIM pun menerapkan hukuman standar selama 16 detik. Hal ini membuatnya kehilangan posisi lima besar di GP Belanda.

Dikutip dari Crash, Senin (1/7/2024), diketahui tekanan ban motor Marquez hanya 0,01 di bawah ketentuan selama satu putaran. Menurutnya, hal itu disebabkan karena adanya kontak dengan Enea Bastianini yang menyalip di tikungan pertama.

Baca juga: Update Harga Oli Mesin Skutik per Juli 2024, Federal Oil Naik

Rider Spanyol itu juga berharap Bastianini mendapat penalti turun satu posisi untuk tindakan tersebut.

“Sayangnya, meski sedikit, kami berada di luar parameter teknis mengenai tekanan ban dan oleh karena itu kami menerima penalti tersebut. Sungguh disayangkan meninggalkan tempat ini dengan sedikit poin. Kami seharusnya bisa finis di posisi keempat sebanyak dua kali” kata Marquez.

“Kebersamaan dengan Bastianini tentu saja berperan, tapi kami tidak mencari alasan, saya bermain bagus dengan tekanan ban hingga saat itu. Mari kita akhiri akhir pekan ini dan mengalihkan fokus kita ke Jerman,” lanjutnya.

Sebelumnya, Marquez finis di posisi keempat usai melewati pertarungan sengit dengan Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio dan Maverick Vinales. Namun, penalti usai balapan membuat pebalap asal Spanyol itu harus turun ke posisi 10.

Baca juga: Harmony Auto Siap Ekspansi Jaringan Dealer BYD ke Luar Jawa

Dengan begitu, Marquez yang seharusnya mengumpulkan 13 poin, kini harus kehilangan tujuh poin karena penalti tersebut. The Baby Alien hanya mengantongi enam poin di MotoGP Belanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com