Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Citroen Indonesia Gaet Kaum Gen Z

Kompas.com - 03/07/2024, 13:32 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek Citroen pernah terkenal di Indonesia pada era '90-an. Perusahaan otomotif asal Perancis tersebut kemudian hengkang dan baru masuk lagi ke Tanah Air pada akhir 2022.

Untuk para generasi Baby Boomer hingga Gen X, mungkin tidak asing dengan Citroen. Tapi, untuk generasi milenial, apalagi Gen Z, nama Citroen mungkin terdengar asing.

Baca juga: Citroen E-C3 Mulai Didistribusikan ke Konsumen di Jawa Tengah

Tan Kim Piauw, CEO Citroen Indonesia, mengatakan, pada akhir 2022 pihaknya mulai langsung bergerak dengan memperkenalkan produk-produk Citroen, seperti pameran di mal. Sejak saat itu, sepanjang 2023 pihaknya mulai membangun brand image dan brand awareness.

Mobil sport utility vehicle (SUV) listrik Citroen e-C4 dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Tenaga Citroen e-C4 bersumber dari baterai lithium-ion berkapasitas 50 kWh bertegangan 400 volt, dapat melaju hingga 350 kilometer dalam kondisi baterai penuh.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil sport utility vehicle (SUV) listrik Citroen e-C4 dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Tenaga Citroen e-C4 bersumber dari baterai lithium-ion berkapasitas 50 kWh bertegangan 400 volt, dapat melaju hingga 350 kilometer dalam kondisi baterai penuh.

"Membangun kembali bagaimana masyarakat Indonesia kenal kembali dengan merek yang sempat populer sekali era tahun '90-an, dan berbagai cara telah kita lakukan. Salah satu yang bikin masyarakat banyak kenal, kita kenalkan brand melalui billboard," ujar Tan, kepada wartawan, saat ditemui di Bogor, Selasa (3/7/2024).

Tan menambahkan, di 2023 jug Citroen Indonesia mengikuti beberapa pameran otomotif untuk memperkenalkan diri ke masyarakat, seperti Jakarta Auto Week (JAW) hingga Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Baca juga: Citroen Mulai Distribusikan E-C3 ke Konsumen Indonesia

"Sepanjang 2023, target kita memang bangun brand awareness, karena produk ini dikenal di era '90-an, era orang tua yang terus terang sebagian sangat tahu dan mengatakan ini mobil bagus. Ketika perkenalkan di mal, pamerak otomotif, mereka senang lihat Citroen," kata Tan.

 Citroen Experience Center, di Pantai Indak Kapuk (PIK), Jakarta UtaraDok Citroen Citroen Experience Center, di Pantai Indak Kapuk (PIK), Jakarta Utara

"Generasi muda sekarang memang tidak semua kenal. Jadi, itu upaya yang kami lakukan, kami perkenalkan melalui berbagai media. Syukurnya, saat ini kalau ditanya ke Gen Z sudah cukup banyak yang mendengar nama brand kita dan melihat produknya. Tanggapannya sangat bagus, positif," ujarnya.

Saat ini, Citroen Indonesia sudah memasarkan New C3, New E-C3 All Electric, C5 AIrcross, dan All New C3 Aircross SUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com