Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Seltos Bakal Punya Mesin 1.5 Turbo

Kompas.com - 02/07/2024, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Seltos facelift dengan mesin turbo baru berkapasitas 1.500 cc nampaknya akan segera masuk ke Indonesia. Bocoran tersebut diketahui dari situs resmi Samsat Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

Pabrikan asal Korea Selatan itu diketahui telah mendaftarkan model Seltos baru yang menggunakan mesin 1.5 Turbo AT dalam situs Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi Jakarta.

Dalam laman itu tertulis Seltos 1.5 Turbo AT memiliki NJKB senilai Rp 314.000.000. Banderol tersebut otomatis menjadikan Kia Seltos dengan mesin baru menjadi model termahal di keluarga sport utility vehicle (SUV) ringkas Kia.

Baca juga: Porsche Recall Taycan di Seluruh Dunia, Bagaimana Indonesia?

Namun, NJKB bukan harga patokan ketika mobil dipasarkan ke umum. Harga ini hanya menunjukkan nilai kendaraan sebelum dikenakan pajak penjualan seperti BBNKB, PPh, PPN dan lain-lain.

Mesin Diesel Kia SeltosKompas.com/ApridaMegaNanda Mesin Diesel Kia Seltos

Saat dikonfirmasi, pihak KIA nampaknya masih enggan membocorkan kehadiran Seltos bermesin baru tersebut. Namun, ada indikasi bahwa mobil itu bakal dipamerkan di ajang Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2024.

“Tunggu saja nanti di GIIAS,” ucap Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA) Ario Soerjo, kepada Kompas.com, Senin (1/7/2024).

Baca juga: Mobil Listrik Ferrari Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan

Sebagai informasi, mesin baru ini bisa jadi pengganti Kia Seltos 1.400 cc turbo versi lama. Dikutip dari Kia global, Seltos 1.5 Turbo memiliki tenaga sebesar 160 ps atau 157 hp pada 5.500 rpm, dan torsi sebesar 253 Nm pada 1.500-3.500 rpm.

Tenaga ini lebih besar dari mesin Kia Seltos 1.400 cc, di mana output yang dihasilkan sebesar 140 ps atau sekitar 138 tk pada 6.000 rpm, dengan maksimum torsi 242 Nm pada 1.500-3.200 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com