Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kelanjutan Maxus 9, Ini Kata MG Indonesia

Kompas.com - 03/07/2024, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garage (MG) meluncurkan MG Maxus 9 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Mobil ini merupakan kendaraan multi purpose vehicle (MPV) mewah listrik mirip Toyota Alphard.

Seperti diketahui, Maxus 9 sebelumnya sudah lebih dulu meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Agustus lalu.

Saat itu mobil tersebut hadir dengan nama Maxus Mifa 9 dan didistribusikan oleh PT Indomobil Wahana Trada yang merupakan anak perusahaan Indomobil Group dengan harga Rp 1,4 miliar, namun hingga kini belum ada kabarnya.

Baca juga: Ini Kriteria Mobil Bekas yang Minim Perawatan

Kemudian di IIMS 2024 yang resmi digelar pada 15-25 Februari 2024, MPV listrik itu berada di tangan MG Motor Indonesia.

Ini tentu menarik, bukan cuma karena statusnya sebagai mobil listrik MPV. Namun, karena dualisme kepentingan agen di Indonesia.

MG Maxus 9KOMPAS.com/Gilang MG Maxus 9

Donald Rachmat, Chief Operating Officer (COO) MG Motor Indonesia enggan mengomentari strategi penjualan perusahaan lain. Namun, ia menekankan bahwa setiap produk yang dihadirkan MG sudah disesuaikan dengan market Indonesia.

“Saya tidak bisa komentar merek lain, tapi yang saya bisa sampaikan adalah MG akan selalu mengadakan produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh market di bawah merek MG,” ucap Donald, saat ditemui di Jakarta Barat, Rabu (3/7/2024).

Baca juga: Jangan Ragu buat Turun Mesin Demi Kembalikan Performa Mobil

Selain itu, Donald melanjutkan, saat membawa produk baru di Indonesia pihaknya juga akan memikirkan strategi jangka jangan serta mempertimbangkan beberapa faktor mulai dari kebutuhan konsumen, kesesuaian spesifikasi, serta daya saing.

Sedikit latar belakang, di Thailand, Maxus Mifa 9 sebetulnya dipasarkan dengan nama MG Maxus 9. Bicara eksterior, Maxus 9 mengingatkan MPV premium lain yang sudah beredar di Indonesia, seperti Toyota Alphard, Nissan Elgrand, dan Lexus LM namun dengan garis desain lebih sporty dan tajam.

Dimensinya memiliki panjang 5.270 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.840 mm, serta wheelbase 3.200 mm. Maxus 9 juga sudah memiliki predikat bintang 5 untuk standar keamanan Euro NCAP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com