Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Peresmian Pabrik Baterai, Hyundai Lepas Teaser Kona Electric

Kompas.com - 03/07/2024, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pamer gambar penggoda atau teaser mobil listrik Kona Electric yang akan menggunakan baterai produksi lokal jelang peresmian pabrik baterai kolaborasi Hyundai-LG.

Pasalnya, bertepatan dengan peresmian pabrik yang dijadwalkan pada Rabu, 3 Juli 2024, perusahaan berencana merilis harga resmi serta pengiriman perdana. Saat ini telah dibuka pemesanan awal dengan banderol Rp 500 jutaan.

Adapun fasilitas yang berada di bawah naungan PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power tersebut akan diresmikan langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo bersama jajaran menteri.

Baca juga: Pabrik Baterai Mobil Listrik LG-Hyundai Segera Diresmikan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hyundai Motors Indonesia (@hyundaimotorindonesia)

Kendati demikian, pihak Hyundai masih enggan bicara lebih jauh terkait rencana itu. Suatu hal yang pasti Kona Electric akan menambah pilihan masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik sebagai mobil harian.

"Pastinya nanti akan dikenalkan mobil listrik pertama di Indonesia yang memakai baterai lokal," ucap Head of External Affairs Department PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Ade Mahendra kepada Kompas.com belum lama ini.

Berdasarkan pada bocoran spesifikasinya, Kona Electric bakal disematkan Pixelated Seamless Horizon Lamp yang membentang di sisi depan dan belakang.

Kemudian ada juga Twin headlamp dengan lampu projector Full LED yang terintegrasi di bumper depan, serta Seamless Horizon Lamp di kap mesin. Wheel arch sewarna bodi juga disematkan agar menyatu dengan lampu depan dan belakang.

Baca juga: Hyundai Kona EV Sudah Bisa Dipesan, Booking Fee Rp 10 Juta

Ioniq 5 Batik dan Kona Electric Bikin Pengunjung IIMS TerpincutKompas.com/Daafa Alhaqqy Ioniq 5 Batik dan Kona Electric Bikin Pengunjung IIMS Terpincut

Sehingga tampilan mobil tampak futuristik sebagaimana pendahulunya, Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6. Apalagi, terdapat permukaan parametrik diagonal yang tegas serta molding chrome satin yang membentang hingga ke beltline.

Integrasi Active Air Flap pada bumper depan Kona Electric juga dirancang supaya mampu meningkatkan efisiensi energi dan memberi pendinginan yang dibutuhkan komponen kendaraan.

Walau belum terungkap fitur-fiturnya, dipastikan mobil akan hadir dalam empat varian, yaitu Signature Long Range, Signature Standard Range, Prime Long Range, dan Prime Standard Range.

Harganya, akan berkisar pada Rp 500 jutaan. Sementara pilihan warna eksterior ialah Optic White Matte, Creamy White Pearl, Creamy White Pearl Two-tone, Titan Grey Metallic, Magnetic Silver Metallic, Magnetic Silver Metallic Two-tone, Dragon Red Pearl, Dragon Red Pearl Two-tone, dan Midnight Black Pearl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com