Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengendarai Yamaha NMAX Turbo, Pengendara Harus Adaptasi

Kompas.com - 03/07/2024, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia saat ini menjual berbagai jenis NMAX, ada yang biasa dan Turbo. Buat Turbo, dilengkapi dengan Yamaha Electronic Contous Variable Transmission (YECVT), sedangkan satu lagi masih pakai CVT biasa.

Khusus YECVT, ada komponen yang memakai sistem elektris buat menggerakkan pulley. Selain itu, NMAX Turbo jadi memiliki fitur seperti mode berkendara dan Y-Shift.

Ferry Nurul Fajar, Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, buat para konsumen, ada adaptasi yang harus dilakukan saat mengendarai NMAX Turbo.

Baca juga: Nmax Turbo Tanpa Kode Error, Ini yang Terjadi Saat CVT Bermasalah

Impresi awal Yamaha Nmax TurboKOMPAS.com/ADITYO WISNU Impresi awal Yamaha Nmax Turbo

"Tanpa pakai fitur, sebetulnya sama saja cara bawanya. Cuma yang Turbo kan ada mode berkendara sama Y-Shift, pasti harus adaptasi," kata Ferry kepada Kompas.com belum lama ini.

Secara fitur, mode berkendara NMAX Turbo ada dua, T-Mode atau mode perkotaan dan S-Mode buat pilihan yang lebih sporty. Sedangkan Y-Shift, membantu pengendara mendapatkan akselerasi ataupun deselerasi secara lebih cepat dalam 3 tingkatan (1-low, 2-medium, 3-high).

Fitur mode berkendara Nmax Turbo dapat dioperasikan dengan menekan tombol Mode yang terletak pada bagian depan stang kemudi kiri. T-Mode sendiri memiliki karakter berkendara yang lebih smooth, sementara S-Mode membuat feeling akselerasi berkendara menjadi lebih agresif.

Baca juga: Mobil Bekas di Bawah Rp 150 Juta, Ada Jazz, Fortuner hingga Orlando


Sementara itu, tombol Y-Shift dapat digunakan oleh pengendara untuk melakukan akselerasi ataupun deselerasi secara lebih cepat, dengan menekan tombol Shift yang terletak pada bagian bawah setang kemudi kiri.

Kedua fitur ini yang bikin pengendaranya harus adaptasi lagi saat mengendarai NMAX Turbo. Tapi kalau yang biasa, tanpa sistem elektronis, cara bawanya lebih kurang sama dengan NMAX lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com