Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemacetan di Pelabuhan Merak Saat Arus Mudik Lebaran 2024 Jadi Catatan

Kompas.com - 18/04/2024, 06:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan mendapatkan catatan khusus dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenai pelaksanaan mudik Lebaran pada tahun ini, 2024.

Diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, ada beberapa hal yang menjadi sorotan, salah satunya kemacetan yang cukup panjang di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, saat puncak arus mudik, Jumat (5/4/2024).

"Presiden (Jokowi) menyampaikan evaluasinya, terutama soal kemacetan yang terjadi di Merak dan beberapa ruas tol," kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (17/4/2024).

Baca juga: Diskon LMPV Usai Lebaran, Ertiga Rp 25 Juta, Avanza Rp 15 Juta

Suasana dermaga 6 Pelabuhan Merak pada arus balik Lebaran 2024. Sabtu (13/4/2024). Sudah 88 persen pemudik kembali ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak.KOMPAS.COM/RASYID RIDHO Suasana dermaga 6 Pelabuhan Merak pada arus balik Lebaran 2024. Sabtu (13/4/2024). Sudah 88 persen pemudik kembali ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak.
 

""Tentu saja, itu menjadi bahan pembelajaran kami (Kemenhub) untuk ke depannya dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran maupun Natal dan tahun baru (nataru)," lanjut Budi.

Di samping itu, jumlah kecelakaan lalu lintas selama arus mudik Lebaran 2024 juga masuk catatan evaluasi.

Berdasarkan data Kemenhub, pada 4-16 April 2024 jumlah kecelakaan lalu lintas sebesar 8 persen, turun dari periode sama tahun sebelumnya. Tetapi, ada suatu insiden maut yang jadi sorotan.

Baca juga: Tarif Sementara Bus Transjakarta ke Bandara Soetta Rp 3.500

Petugas mengevakuasi bangkai kendaraan yang mengalami kecelakaan di Tol Jakarta-CIkampek KM 58, Karawang Timur, Jawa Barat, Senin (8/4/2024). Kecelakaan yang  melibatkan tiga kendaraan yaitu Bus Primajasa, Grand Max dan Daihatsu Terios tersebut mengakibatkan 12 orang tewas. ANTARA FOTO/Awaludin/Ak/nzAKBAR NUGROHO GUMAY Petugas mengevakuasi bangkai kendaraan yang mengalami kecelakaan di Tol Jakarta-CIkampek KM 58, Karawang Timur, Jawa Barat, Senin (8/4/2024). Kecelakaan yang melibatkan tiga kendaraan yaitu Bus Primajasa, Grand Max dan Daihatsu Terios tersebut mengakibatkan 12 orang tewas. ANTARA FOTO/Awaludin/Ak/nz
 

Salah satu insiden dimaksud ialah kecelakaan yang menewaskan 12 jiwa di ruas tol Jakarta-Cikampek ketika berlangsung rekayasa contraflow. Itu akan menjadi catatan agar bisa diperbaiki di masa mendatang.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden (Jokowi) atas kepercayaannya serta arahan-arahannya kepada kami sehingga dapat mengawal penyelenggaraan angkutan lebaran di tahun ini dengan baik," tuturnya.

Secara umum, Budi menilai pelaksanaan Angkutan Lebaran 2024 telah berjalan dengan baik. Perjalanan mudik dan balik diklaim lancar meski masih ada beberapa catatan perbaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com