Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemacetan di Pelabuhan Merak Saat Arus Mudik Lebaran 2024 Jadi Catatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan mendapatkan catatan khusus dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenai pelaksanaan mudik Lebaran pada tahun ini, 2024.

Diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, ada beberapa hal yang menjadi sorotan, salah satunya kemacetan yang cukup panjang di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, saat puncak arus mudik, Jumat (5/4/2024).

"Presiden (Jokowi) menyampaikan evaluasinya, terutama soal kemacetan yang terjadi di Merak dan beberapa ruas tol," kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (17/4/2024).

""Tentu saja, itu menjadi bahan pembelajaran kami (Kemenhub) untuk ke depannya dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran maupun Natal dan tahun baru (nataru)," lanjut Budi.

Di samping itu, jumlah kecelakaan lalu lintas selama arus mudik Lebaran 2024 juga masuk catatan evaluasi.

Berdasarkan data Kemenhub, pada 4-16 April 2024 jumlah kecelakaan lalu lintas sebesar 8 persen, turun dari periode sama tahun sebelumnya. Tetapi, ada suatu insiden maut yang jadi sorotan.

Salah satu insiden dimaksud ialah kecelakaan yang menewaskan 12 jiwa di ruas tol Jakarta-Cikampek ketika berlangsung rekayasa contraflow. Itu akan menjadi catatan agar bisa diperbaiki di masa mendatang.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden (Jokowi) atas kepercayaannya serta arahan-arahannya kepada kami sehingga dapat mengawal penyelenggaraan angkutan lebaran di tahun ini dengan baik," tuturnya.

Secara umum, Budi menilai pelaksanaan Angkutan Lebaran 2024 telah berjalan dengan baik. Perjalanan mudik dan balik diklaim lancar meski masih ada beberapa catatan perbaikan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/04/18/064200815/kemacetan-di-pelabuhan-merak-saat-arus-mudik-lebaran-2024-jadi-catatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke