Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2022, 12:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Mobil bekas dengan harga Rp 30 jutaan, banyak jadi incaran karena sebagai opsi dibandingkan membeli sepeda motor baru yang harganya melambung.

Termasuk di segmen mobil bekas lawas yang punya nama besar. Salah satunya seperti Suzuki Katana yang sampai saat ini banyak digunakan untuk harian. 

Apalagi mobil yang aslinya bergenre SUV tapi sering disebut "jip" mungil 1.000 cc tersebut punya modal kuat untuk dimodifikasi. Sampai saat ini yang sedang naik daun adalah Japanese Domestic Market (JDM). 

Walau begitu, bujet yang dikeluarkan untuk merombak tampilan total tak murah. Seperti di ungkapkan Ghotfan Rahmatullah, pemilik Suzuki Katana tahun 1998 yang mengeluhkan tingginya harga suku cadang hingga akhirnya membuat keinginan semula kandas. 

Baca juga: Proses Terjadinya Oil Sludge pada Mesin Mobil

"Niatnya berhemat untuk buat JDM. Tapi, terus kesini harga sparepart gila-gilaan. Akhirnya seadanya dulu yang penting enak buat pergi ke kampus," ucap Ghotfan, kepada Kompas com, Minggu (18/12/2022). 

 

Dana yang terbatas justru jadi motivasi belajar berpikir merubah mobil kesayangannya itu standar tapi tidak terkesan biasa saja. Pada bagian eksterior tetap original, hanya bumper bawaan ada tambahan fog lamp. 

Suzuki Katana standar untuk harianDicky Aditya Wijaya Suzuki Katana standar untuk harian

Namun, khusus dapur pacu, Ghotfan berusaha mendongkrak tenaga mesin Katana jadi jauh bertenaga.

Hal itu akhirnya dilakukan karena kesal berulang kali sering kewalahan saat melintasi medan tanjakan terjal. Khusus mesin, dana yang dihabiskan mencapai Rp 4 juta, baik untuk suku cadang dan jasa. 

"Suka buat pergi jauh sama temen-temen, kan kalau sampai sulit nanjak was-was juga. Yang diinginkan mobil nyaman, irit, dan pas untuk kebutuhan. Fungsi dapat dan tentu hobi lanjut terus," katanya.

Baca juga: Katana Bekas di Semarang Harganya mulai Rp 50 Jutaan

 

Oversize mesin Suzuki Katana Dicky Aditya Wijaya Oversize mesin Suzuki Katana

"Mesin oversized 100, repair kit karburator ganti baru, dan setel ulang pengapian sewajarnya. Beda rasanya, jadi enteng dan cukup lah buat tanjakan-tanjakan di Semarang," lanjutnya. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.