Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai Remote Keyless Habis, Apa Pintu Mobil Masih Bisa Dibuka?

Kompas.com - 27/11/2022, 10:05 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mengoperasikan mobil menjadi lebih praktis dengan hadirnya fitur keyless untuk menyalakan mobil. Tidak hanya untuk menyalakan mesin, fitur ini juga digabungkan dengan alarm untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil.

Dengan demikian, pengendara tidak perlu lagi menggunakan anak kunci untuk mengunci dan membuka kuncian pintu mobil, atau menekan tombol unlock dan lock di remote.

Cukup menekan tombol di gagang pintu, atau memasukkan tangan ke gagang pintu maka kunci akan terbuka dengan sendirinya.

Semua itu bisa terjadi lantaran remote keyless terpasang di mobil sebagai fitur keamanan modern yang menyenangkan.

Remote ini ditunjang dengan daya baterai, sehingga bila baterai remote ini dayanya habis mungkin saja akan terjadi masalah.

Baca juga: Daya Baterai Remote Keyless Habis, Apa Mesin Masih Bisa Dinyalakan?

Baterai remot kunci mobilDicky Aditya Wijaya Baterai remot kunci mobil

Foreman Aha Motor Aji Dwi Nugroho mengatakan bila daya baterai pada remote benar-benar habis hingga tegangannya 0 volt, pintu yang terkunci dengan remote keyless tidak akan bisa dibuka.

“Kalau daya baterainya habis hingga tegangannya 0 volt, maka pintu mobil tidak akan bisa dibuka, melainkan harus mengganti baterai untuk remote terlebih dulu atau mengambil remote cadangannya untuk bisa membuka pintu,” ucap Aji kepada Kompas.com, Minggu (27/11/2022).

Dia mengatakan baterai pada remote keyless biasanya tidak habis secara mendadak, melainkan akan ada peringatan atau gejala bila dayanya mulai melemah.

Baca juga: Apa Fungsi Anak Kunci yang Tersembunyi di Dalam Remote Keyless?

Kunci keyless entry ToyotaZulfana K. Rijal Kunci keyless entry Toyota

“Limitnya daya baterai remote keyless bisa bekerja optimal itu sekitar 2,8 volt, kalau barunya 3,0 volt, setelah kurang dari limit biasanya performa remote akan menurun, kadang remote susah dioperasikan seperti susah sinyal,” ucap Aji.

Dia juga mengatakan baterai yang lemah biasanya juga terdeteksi secara sistem, sehingga di layar informasi di mobil akan memberitahu bahwa baterai remote mulai melemah.

Selama baterai melemah, asal tegangannya masih ada, remote keyless mungkin bakal bekerja kurang optimal. Tapi, pintu mobil masih bisa dibuka dengan prosedur yang sedikit berbeda.

Baca juga: Bisakah Remote Keyless Pabrikan diganti dengan Keyless Aftermarket?

Kunci keyless All New XL-7Dicky Aditya Wijaya Kunci keyless All New XL-7

“Selama daya baterai masih ada meski sangat sedikit, pintu mobil bisa dibuka dengan menempelkan remote pada knop gagang pintu, begitu tombol dipencet maka kuncian pintu akan terbuka, tidak sama ketika sedang menyalakan mesin,” ucap Aji.

Dia mengatakan bila daya baterai remote sampai benar-benar habis, pintu tidak akan bisa terbuka karena pada masing-masing tombol alarm di gagang pintu hanya mengandalkan sinyal yang terpancar bukan chip immobilizernya langsung.

Dia juga mengatakan, misal menggunakan anak kunci yang ada di dalam remote, hal itu berpeluang membuat alarm berbunyi karena sistem masih mendeteksi pintu terkunci.

Baca juga: Teknologi yang Antisipasi Remote Tertinggal di dalam Mobil

Remote keyless pada mobil menggabungkan immobilizer dan alarmKompas.com/Erwin Setiawan Remote keyless pada mobil menggabungkan immobilizer dan alarm

“Bila daya baterainya benar-benar habis, pintu mobil tidak akan bisa terbuka. Semisal remote tersebut dilengkapi anak kunci untuk membuka pintu, begitu pintu dibuka dengan anak kunci alarm bisa saja berbunyi karena secara sistem pintu masih terkunci,” ucap Aji.

Dia mengatakan membuka pintu dengan cara manual atau menggunakan anak kunci tetap saja membutuhkan konfirmasi bahwa ada remote di area, bila tidak maka itu sama saja dianggap membuka paksa pintu mobil oleh sistem keyless.

Jadi, bila daya baterai remote keyless benar-benar habis akan membuat pengendara kesulitan, khususnya saat membuka pintu mobil. Maka dari itu, bila mulai timbul gejala daya baterai remote lemah, segeralah menggantinya!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com