Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya Remote Alarm dan Keyless pada Mobil?

Kompas.com - 18/11/2022, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sama-sama menggunakan remote, ternyata remote keyless itu berbeda dengan alarm pada mobil.

Bisa dibilang, keyless merupakan teknologi yang lebih canggih karena fungsi dari remote tersebut tidak sebatas hanya untuk mengunci dan membuka pintu mobil dari jarak jauh saja.

Ada fungsi lain yang hanya dimiliki oleh mobil yang dilengkapi dengan fitur keyless. Lantas, apa bedanya remote alarm dan keyless?

Baca juga: Jangan Asal Ganti Baterai Remote Keyless Mobil

Remote mobil identik dengan alarm yang terpasang pada mobil, sedangkan immobilizer terpasang pada anak kunci berupa chip khusus.Kompas.com/Erwin Setiawan Remote mobil identik dengan alarm yang terpasang pada mobil, sedangkan immobilizer terpasang pada anak kunci berupa chip khusus.

Foreman Aha Motor Aji Dwi Nugroho, mengatakan remote alarm dan keyless berbeda meski keduanya memiliki bentuk fisik yang sama.

“Remote alarm dan keyless memang sepintas sama, karena bentuk fisiknya berupa remote tapi secara fungsi keyless lebih beragam fungsinya,” ucap Aji kepada Kompas.com, Jumat (18/11/2022).

Dia mengatakan remote keyless berfungsi untuk menggantikan anak kunci pada mobil, sehingga mobil bisa dihidupkan tanpa harus menggunakan anak kunci.

Baca juga: Remote Keyless Mobil Hilang, Ini Kisaran Dana yang Harus Disiapkan

Remote mobil berfungsi untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil dari jarak jauhKompas.com/Erwin Setiawan Remote mobil berfungsi untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil dari jarak jauh

“Ada yang menggunakan knop atau push button untuk menghidupkan mesin pada mobil yang dilengkapi dengan keyless, sehingga remote hanya perlu dibawa atau dikantongi oleh pengendara ketika ingin menghidupkan mesin,” ucap Aji.

Selain sebagai pengganti anak kunci untuk menghidupkan mesin, keyless juga biasanya juga bisa digunakan untuk mengunci dan membuka kunci pintu mobil, sehingga fitur yang ada pada remote alarm juga terwakilkan oleh keyless.

“Kalau remote alarm fungsinya terbatas hanya untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil dari jarak jauh, untuk menghidupkan mesin mobil masih membutuhkan anak kunci,” ucap Aji.

Baca juga: Masih Banyak yang Bingung Beda Teknologi Immobilizer dan Keyless

Remote Keyless All New Suzuki ErtigaDicky Aditya Wijaya Remote Keyless All New Suzuki Ertiga

Jadi, perbedaan remote alarm dan keyless jelas dapat dilihat dari fungsinya. Remote alarm biasanya masih disediakan anak kunci untuk menghidupkan mesin mobil sedangkan keyless tidak membutuhkan lagi anak kunci untuk menghidupkan mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com