Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Fungsi Anak Kunci yang Tersembunyi di Dalam Remote Keyless?

Kompas.com - 26/11/2022, 10:42 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Dewasa ini banyak mobil yang dilengkapi dengan sistem keyless sebagai pengganti kunci kontak. Hal itu menjadi tren yang banyak diikuti oleh masyarakat karena terkesan lebih modern berkat teknologi yang canggih.

Pasalnya, dengan remote keyless pengguna bisa lebih praktis dalam mengoperasikan mobil. Tanpa perlu lagi menggunakan anak kunci, hanya dengan menekan tombol dan menekan pedal rem, kemudian mesin sudah bisa dihidupkan.

Meski tidak membutuhkan anak kunci untuk menghidupkan mesin, faktanya ada saja model remote keyless yang disertakan anak kunci di dalam remote. Lantas, apa fungsi dari anak kunci tersebut?

Baca juga: Apa Bisa Kunci Mobil Tua Diubah Menjadi Sistem Keyless?

Kunci keyless All New Suzuki XL7 Dicky Aditya Wijaya Kunci keyless All New Suzuki XL7

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan anak kunci yang disertakan di dalam remote keyless memiliki fungsi khusus, tapi bukan untuk menghidupkan mesin.

“Di dalam remote keyless, sebenarnya disertakan anak kunci yang berfungsi untuk hal lain, bukan untuk menghidupkan mesin, seperti untuk untuk emergency kalau baterai remotenya habis, jadi untuk membuka pintu memggunakan anak kunci,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (26/11/2022).

Dia mengatakan beberapa tipe mobil masih disediakan lubang anak kunci di pintu, meski ada juga mobil yang sudah tidak menggunakannya lagi.

Baca juga: Bisakah Remote Keyless Pabrikan diganti dengan Keyless Aftermarket?

Kunci keyless All New XL-7Dicky Aditya Wijaya Kunci keyless All New XL-7

“Selain untuk membuka pintu ketika baterai remote habis, di beberapa model ada fitur untuk mematikan passenger air bag dengan menggunakan anak kunci,” ucap Didi.

Dia mengatakan anak kunci di dalam remote keyless bisa digunakan untuk memutar pengaturan On dan Off airbag di bangku penumpang sebagai fitur keselamatan bila ada bayi di bangku penumpang.

“Beberapa mobil juga dilengkapi laci atau konsol boks yang bisa dikunci, nah itu masih menggunakan anak kunci yang ada di dalam remote keyless” ucap Didi.

Baca juga: Ini Keunggulan Mobil yang Dilengkapi Kunci Model Keyless

Remote keyless pada mobil menggabungkan immobilizer dan alarmKompas.com/Erwin Setiawan Remote keyless pada mobil menggabungkan immobilizer dan alarm

Jadi, anak kunci yang ada di dalam remote keyless masih memiliki banyak fungsi, seperti penonaktifan passenger airbag, membuka pintu saat darurat dan membuka laci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com