BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Hyundai

Hyundai All-New KONA Electric Mejeng di GIIAS 2024, Jadi Mobil Listrik Pertama yang Pakai Baterai Produksi Tanah Air

Kompas.com - 22/07/2024, 16:31 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) anyar all-new KONA Electric pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Rabu (17/7/2024).

All-new KONA Electric pun diklaim menjadi mobil listrik pertama di Indonesia yang menggunakan baterai yang diproduksi di Indonesia pula. Adapun baterainya diproduksi oleh perusahaan yang baru juga diresmikan pada Rabu (3/7/2024), yakni PT HLI Green Power.

Lini terbaru kendaraan listrik Hyundai tersebut hadir dengan eksterior yang didesain futuristis, memiliki interior lapang, all-electric range (AER) hingga lebih dari 600 km, serta fitur terkini dari ekosistem teknologi canggih Hyundai.

Peluncuran all-new KONA Electric melengkapi lini kendaraan listrik Hyundai di Indonesia serta menegaskan posisi Hyundai sebagai game changer di industri otomotif.

Kehadirannya juga sekaligus wujud dukungan HMID terhadap komitmen pemerintah dalam upaya mencapai net zero emission (NZE) 2060.

Baca juga: Perbedaan Baterai All New Hyundai Kona Electric yang Dibuat Lokal

"Pada 2020, Hyundai menggebrak industri otomotif dengan menghadirkan battery electric vehicle (BEV) pertama di Tanah Air, salah satunya yaitu KONA Electric. Sejak itu, Hyundai menempatkan diri sebagai pionir industri kendaraan listrik di Indonesia yang konsisten menghadirkan terobosan melalui produk dan layanan inovatif," ujar President Director PT HMID Woojune Cha saat peluncuran, Rabu.

Hyundai pun getol mendorong penguatan sektor EV dengan menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang lengkap melalui investasi terarah dan kemitraan strategis yang merangkul pemangku kepentingan secara luas, baik pemerintah maupun pelaku industri terkait.

President Director PT HMID Woojune Cha mengatakan, Hyundai menggebrak industri otomotif dengan menghadirkan battery electric vehicle (BEV) pertama di Tanah Air, salah satunya yaitu KONA Electric. Dok. Hyundai Indonesia President Director PT HMID Woojune Cha mengatakan, Hyundai menggebrak industri otomotif dengan menghadirkan battery electric vehicle (BEV) pertama di Tanah Air, salah satunya yaitu KONA Electric.

“Kini, kami bangga bisa semakin mendekatkan mobilitas masa depan bagi konsumen Indonesia dengan menghadirkan all-new KONA Electric, EV pertama di Indonesia yang menggunakan baterai produksi lokal,” ujar Woojune.

Pada kesempatan sama, Chief Operating Officer (COO) PT HIMD Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, Hyundai telah merancang all-new KONA Electric dengan inovasi teknologi terdepan untuk menghadirkan pengalaman mobilitas terbarukan seutuhnya di segmen B-SUV yang terus berkembang di pasar otomotif Indonesia.

Hadir dengan desain futuristis, imbuh Fransiscus, all-new KONA Electric memiliki varian dengan driving range terpanjang hingga mencapai lebih dari 600 km. Selain itu, fitur konektivitas canggih Hyundai Bluelink juga telah dilengkapi teknologi Over-The-Air (OTA) serta View Around My Vehicle.

Baca juga: Hyundai Klaim TKDN Kona Electric Sudah Mencapai 60 Persen

“Seluruh fitur inovatif tersebut kami lengkapi dengan program Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin. Tujuannya, untuk meningkatkan pengalaman kepemilikan worry-free bagi para pelanggan,” kata Fransiscus.

Isi daya bebas khawatir

All-new KONA Electric menawarkan pengalaman pengisian daya yang mudah dan fleksibel. Hal ini berkat port charger standar global (CCS2) yang kompatibel dengan berbagai stasiun pengisian daya di Indonesia.

Sama seperti IONIQ 5 dan IONIQ 6, all-new KONA Electric juga dibekali fitur Vehicle-to-Load (V2L) yang memungkinkan mobil berfungsi sebagai pengisi daya listrik dalam perjalanan.

All-new KONA Electric mengusung desain futuristis dan stylish yang mengutamakan profil clean dan aerodinamis. Pixelated Seamless Horizon Lamp yang membentang di bagian depan dan belakang menciptakan tampilan yang ikonis dari all-new KONA Electric.  (Dok. Hyundai Indonesia)
Dok. Hyundai Indonesia All-new KONA Electric mengusung desain futuristis dan stylish yang mengutamakan profil clean dan aerodinamis. Pixelated Seamless Horizon Lamp yang membentang di bagian depan dan belakang menciptakan tampilan yang ikonis dari all-new KONA Electric. (Dok. Hyundai Indonesia)

Dengan Outdoor V2L, pengguna bisa dengan mudah mengisi daya macam-macam perangkat listrik, seperti sepeda listrik, skuter listrik, dan peralatan berkemah, langsung dari mobil saat berkegiatan di luar ruangan.

Kemudian, dengan Indoor V2L yang hanya dimiliki lini kendaraan listrik Hyundai, pengguna juga bisa memanfaatkan power outlet di dalam kendaraan untuk mengecas laptop. Fitur ini cocok bagi pengguna yang mesti bekerja selama perjalanan.

Baca juga: Hyundai Ungkap Pemesanan Kona Electric Sudah Capai 500 SPK

Selain itu, all-new KONA Electric memiliki Utility Mode, yakni fitur yang memungkinkan pemakaian perangkat elektronik di kendaraan, mulai dari audio hingga lampu menggunakan listrik yang tersimpan di High Voltage Battery untuk tujuan selain berkendara. Dengan begitu, pada saat digunakan, listrik yang tersimpan di dalam aki 12V tidak akan terganggu. 

Eksterior dengan estetika dan teknologi tingkat tinggi

All-new KONA Electric mengusung desain futuristis dan stylish yang mengutamakan profil clean dan aerodinamis. 

Pixelated Seamless Horizon Lamp yang membentang di bagian depan dan belakang menciptakan tampilan yang ikonis dari all-new KONA Electric.  

Selain itu, ada pula twin headlamp dengan lampu projector Full LED yang terintegrasi di bumper depan sehingga menciptakan sorotan cahaya yang eye-catching.

Wheel arch yang senada dengan warna bodi menyatu dengan lampu depan dan belakang memberikan kesan tangguh dan dinamis. Permukaan parametrik diagonal yang tegas serta molding chrome satin yang membentang hingga ke beltline menambah kesan elegan pada mobil ini.

Baca juga: Momen Wapres Maruf Amin Coba Kenyamanan Hyundai Kona Electric

Tak ketinggalan, integrasi Active Air Flap pada bumper depan mampu meningkatkan efisiensi energi saat tertutup dan memberikan pendinginan yang dibutuhkan komponen kendaraan saat terbuka.

Lini kendaraan listrik anyar tersebut dapat menjadi partner andal dalam setiap perjalanan berkat tumpuan roda yang kokoh.

Untuk varian Signature Long Range, misalnya, dilengkapi dengan alloy wheel 19 inci dengan ground clearance 151 mm. Penggunaan Alloy Wheel ini lebih ringan dibandingkan steel wheel sehingga pengendara dapat bermanuver lebih lincah demi menjamin pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Secara keseluruhan, all-new KONA Electric dirancang dengan estetika dan teknologi terbaik yang merepresentasikan kecanggihan dan kenyamanan pengalaman berkendara dari EV.

Interior lapang bagasi besar

Tak hanya apik dari sisi eksterior, all-new KONA Electric pun hadir dengan ruang kabin yang memaksimalkan kenyamanan pengguna selama berkendara.

Baca juga: Ini Kata Wapres Maruf Amin Usai Coba Kabin Hyundai Kona Electric

Untuk mewujudkan hal itu, Hyundai merancang all-new KONA Electric dengan dimensi besar tapi tetap compact. Adapun mobil ini memiliki panjang 4.355 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.580 mm, dan wheelbase 2.660 mm.

Implementasi lantai datar (flat floor) tanpa tunneling pada baris kedua pun turut menambah luas dan kenyamanan interior di all-new KONA Electric.

Ukuran kendaraan yang lapang memungkinkan all-new KONA Electric mengusung interior yang begitu fungsional. All-new KONA Electric juga menjadi salah satu kendaraan dengan ruang bagasi paling besar di kelasnya, yakni dengan kapasitas 466 liter (VDA).

Tak hanya apik dari sisi eksterior, All-new KONA Electric pun hadir dengan ruang kabin yang memaksimalkan kenyamanan pengguna selama berkendara. Dok. Hyundai Indonesia Tak hanya apik dari sisi eksterior, All-new KONA Electric pun hadir dengan ruang kabin yang memaksimalkan kenyamanan pengguna selama berkendara.

Dengan kapasitas itu, all-new KONA Electric sanggup menampung berbagai barang pengguna, seperti dua tas golf full size atau tiga koper travel berukuran 28 inci.

Menariknya lagi, pengguna bisa menambah kapasitas penyimpanan kendaraan dengan melipat kursi belakang secara praktis tanpa perlu melepas sandaran kepala.

Baca juga: Kona Electric Indonesia Dijual mulai Rp 499 Juta, Ulas Spesifikasinya

Saat baris kursi belakang terlipat, all-new KONA Electric akan menawarkan ruang bagasi yang lebih luas dan datar dengan kapasitas mencapai 1.300 liter. Dengan tambahan kapasitas tersebut, pengguna bisa membawa muatan besar secara aman dan nyaman untuk kebutuhan bepergian jarak jauh.

Fungsionalitas interior dari all-new KONA Electric pun semakin lengkap berkat kehadiran sunroof yang sudah bisa dioperasikan sepenuhnya secara elektrik.

Bahkan, pengguna bisa menggunakan perintah suara untuk membuka dan menutup sunroof. Fitur tersebut memberikan kemudahan lebih bagi konsumen dalam menikmati pengaturan kabin yang sesuai keinginan, sekaligus menegaskan kesan premium saat berada di dalam mobil.

Tidak hanya itu, kehadiran fitur dual zone climate control juga semakin menambah kenyamanan karena memungkinkan penyesuaian suhu terpisah untuk zona yang berbeda dalam kendaraan, memastikan kenyamanan setiap individu. 

Fitur entertainment untuk lengkapi pengalaman berkendara pengguna

Interior all-new KONA Electric juga dilengkapi fitur dan teknologi canggih untuk memanjakan pengguna selama perjalanan.

Baca juga: Sekian Waktu untuk Buat 1 Mobil Listrik Kona Electric di Pabrik

All-new KONA Electric sudah dilengkapi panoramic display (12.3in LCD cluster + 12.3in navigasi), menjadikan tampilan digital meter cluster berpadu secara seamless dengan layar AVNT (Audio, Video, Navigation, Telematics).

Fitur tersebut menguatkan kesan high-tech dan mewah saat berada di dalam mobil, sekaligus memungkinkan pengguna mengakses berbagai informasi dan kebutuhan saat berkendara dengan lebih praktis.

Kecanggihan desain infotainment display dan digital meter cluster dari all-new KONA Electric dilengkapi dengan jajaran tombol fisik yang memberi kendali lebih bagi pengguna dalam mengatur fitur-fitur dasar pada mobil.

Pengguna pun bisa melakukan pengaturan AC, auto hold, regenerative braking, serta heated and ventilated seats dengan pengoperasian yang telah akrab bagi para pengguna mobil di Indonesia. Pendekatan desain dashboard yang human-centric ini pun memudahkan pengguna untuk mengoperasikan fitur-fitur all-new KONA Electric dengan lebih cepat.

Untuk memberikan pengalaman berkendara yang penuh kesan, interior all-new KONA Electric juga dilengkapi 8 speaker premium BOSE--produsen audio terbaik di kelasnya.

Baca juga: Produksi Hyundai Kona Electric di Pabrik, Baterai Tidak Dicas Penuh

  • Signature Long Range Rp 590 juta
  • Signature Standard Range Rp 575 juta
  • Prime Long Range Rp 560 juta
  • Prime Standard Range Rp 515 juta
  • Style Rp 499 juta

Khusus untuk pembelian all-new KONA Electric, berikut program manfaat khusus untuk pengalaman kepemilikan kendaraan worry-free melalui Hyundai Jaga. 

  • ?Gratis biaya jasa perawatan selama 5 tahun atau 75.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)
  • Gratis biaya suku cadang untuk perawatan berkala selama 5 tahun atau 75.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)
  • Garansi dasar selama 4 tahun atau 100.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)
  • Garansi baterai selama 8 tahun atau 160.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)

Kunjungi booth HMID di Hall 10 - 10B ICE, BSD City, pada gelaran GIIAS 2024 mulai 18–28 Juli 2024 untuk lebih dekat dengan mobilitas terbarukan dari ekosistem kendaraan listrik Hyundai.

Untuk informasi selengkapnya terkait kegiatan dan produk Hyundai terkini, cek laman resmi HMID serta kanal media sosial, yaitu Instagram HyundaiMotorIndonesia, YouTube Hyundai Motors Indonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, TikTok @HyundaiMotorIndonesia, dan X @HyundaiMotorID.


komentar di artikel lainnya
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau