Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi yang Antisipasi Remote Tertinggal di dalam Mobil

Kompas.com - 20/11/2022, 18:51 WIB
|

KLATEN, KOMPAS.com - Kasus remote mobil tertinggal di dalam mobil kerap terjadi. Hal itu tentu saja membuat panik sebagian pengendara lantaran mobil terkunci dari dalam.

Beberapa kali kejadian tersebut ditangkap kamera, ada yang memecahkan kaca mobil, menurunkan kaca secara paksa dan sebagainya dalam menangani hal tersebut.

Intinya, ketika remote tertinggal di dalam mobil dan terkunci dari dalam akan membuat susah pemilik mobil. Lantas, adakah teknologi yang mengantisipasi hal tersebut?

Baca juga: Ini Keunggulan Mobil yang Dilengkapi Kunci Model Keyless

Remote keyless pada mobil menggabungkan immobilizer dan alarmKompas.com/Erwin Setiawan Remote keyless pada mobil menggabungkan immobilizer dan alarm

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan baru-baru ini sudah ada teknologi yang membuat pemilik mobil tidak khawatir dengan tertinggalnya kunci di dalam mobil.

“Saat ini sudah ada remote model keyless, jadi remote ini akan selalu berkomunikasi dengan ECU immobilizer, hal itu membuat sistem bisa memberitahu ke pengendara bila kunci masih ada di dalam mobil,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (19/11/2022).

Dia mengatakan ada sistem yang membuat mobil tidak mau mengunci ketika remote masih terbaca di dalam mobil.

Baca juga: Apa Hubungan Immobilizer dan Keyless pada Mobil?

Baterai remote kunci mobilDicky Aditya Wijaya Baterai remote kunci mobil

“Pada mobil dengan model keyless, pada handle pintu terdapat tombol yang berfungsi sebagai tombol kunci dan membuka kunci, jadi biasanya pengendara tidak perlu mengeluarkan remote untuk mengunci pintu mobil, hal itu membuat remote rawan tertinggal,” ucap Didi.

Namun, dia mengatakan tidak perlu khawatir karena model keyless terdapat sistem yang memberikan keamanan agar remote tidak tertinggal di dalam mobil.

“Kalau remote keyless masih di dalam mobil, dan mobil dikunci dari luar, maka akan muncul buzzer sebagai pemberitahuan bahwa kunci mobil masih di dalam, kondisi seperti itu juga membuat kunci tidak bisa dikunci dari luar,” ucap Didi.

Baca juga: Apa Bedanya Remote Alarm dan Keyless pada Mobil?

Remote mobil identik dengan alarm yang terpasang pada mobil, sedangkan immobilizer terpasang pada anak kunci berupa chip khusus.Kompas.com/Erwin Setiawan Remote mobil identik dengan alarm yang terpasang pada mobil, sedangkan immobilizer terpasang pada anak kunci berupa chip khusus.

Dia mengatakan sistem keamanan ini berbeda-beda pada masing-masing mobil, ada juga yang memungkinkan mobil tetap bisa dikunci dari luar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.