Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daya Baterai Remote Keyless Habis, Apa Mesin Masih Bisa Dinyalakan?

Kompas.com - 26/11/2022, 12:22 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Kini banyak mobil yang dilengkapi dengan remote keyless sebagai fitur keamanan. Teknologi ini membuat pengoperasian mobil lebih praktis karena pengendara tidak perlu lagi menggunakan anak kunci untuk menghidupkan mesin.

Pengendara hanya perlu membawa remote keyless, menekan tombol start dan menginjak pedal rem atau kopling maka mesin bisa dihidupkan. Sangat praktis!

Semua itu bisa terjadi karena mobil menggunakan remote keyless. Nah, remote ini bisa berfungsi karena sinyal terpancar menggunakan bantuan daya listrik dari baterai di dalamnya. Lantas, bila daya baterainya habis apa mesin masih bisa dihidupkan?

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Buka Pintu Mobil Saat Baterai Remote Habis

Remote keyless pada mobil menggabungkan immobilizer dan alarmKompas.com/Erwin Setiawan Remote keyless pada mobil menggabungkan immobilizer dan alarm

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan bila baterai di dalam remote keyless habis mesin masih bisa dihidupkan, tapi menggunakan prosedur yang sedikit berbeda.

“Bila baterai remote habis, atau baterai dilepas sekali pun, mesin masih bisa dihidupkan dengan menempelkan bagian belakang remote pada tombol starter atau push button yang tersedia, tempelkan saja lalu tombol ditekan seperti biasa maka mesin akan hidup,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (26/11/2022).

Dia mengatakan untuk prosedur menyalakan mesin dengan baterai remote habis hampir sama seperti biasanya hanya saja remote harus ditempelkan pada tombol.

Baca juga: Jangan Asal Ganti Baterai Remote Keyless Mobil

Remote mobil identik dengan alarm yang terpasang pada mobil, sedangkan immobilizer terpasang pada anak kunci berupa chip khusus.Kompas.com/Erwin Setiawan Remote mobil identik dengan alarm yang terpasang pada mobil, sedangkan immobilizer terpasang pada anak kunci berupa chip khusus.

“Dengan menempelkan remote pada tombol, pedal rem atau kopling diinjak seperti biasa, lalu tombol starter dipencet, maka sewajarnya mesin akan bisa hidup,” ucap Didi.

Dia mengatakan hal itu bisa terjadi karena mobil masih mengandalkan sistem immobilizer yang ada di mobil tanpa melibatkan antena.

“Itu sama saja dengan sistem yang ada pada mobil dengan immobilizer biasa, mengandalkan sinyal yang terpancar pada chip tanpa ada bantuan antena yang ada di sekeliling tombol,” ucap Didi.

Baca juga: Baterai Remote Lemah, Begini Cara Buka Pintu Mobil

Jadi, remote keyless yang habis daya baterainya masih bisa digunakan untuk menghidupkan mesin meski dengan prosedur yang sedikit berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.