Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daya Baterai Remote Keyless Habis, Apa Mesin Masih Bisa Dinyalakan?

Kompas.com - 26/11/2022, 12:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Kini banyak mobil yang dilengkapi dengan remote keyless sebagai fitur keamanan. Teknologi ini membuat pengoperasian mobil lebih praktis karena pengendara tidak perlu lagi menggunakan anak kunci untuk menghidupkan mesin.

Pengendara hanya perlu membawa remote keyless, menekan tombol start dan menginjak pedal rem atau kopling maka mesin bisa dihidupkan. Sangat praktis!

Semua itu bisa terjadi karena mobil menggunakan remote keyless. Nah, remote ini bisa berfungsi karena sinyal terpancar menggunakan bantuan daya listrik dari baterai di dalamnya. Lantas, bila daya baterainya habis apa mesin masih bisa dihidupkan?

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Buka Pintu Mobil Saat Baterai Remote Habis

Remote keyless pada mobil menggabungkan immobilizer dan alarmKompas.com/Erwin Setiawan Remote keyless pada mobil menggabungkan immobilizer dan alarm

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan bila baterai di dalam remote keyless habis mesin masih bisa dihidupkan, tapi menggunakan prosedur yang sedikit berbeda.

“Bila baterai remote habis, atau baterai dilepas sekali pun, mesin masih bisa dihidupkan dengan menempelkan bagian belakang remote pada tombol starter atau push button yang tersedia, tempelkan saja lalu tombol ditekan seperti biasa maka mesin akan hidup,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (26/11/2022).

Dia mengatakan untuk prosedur menyalakan mesin dengan baterai remote habis hampir sama seperti biasanya hanya saja remote harus ditempelkan pada tombol.

Baca juga: Jangan Asal Ganti Baterai Remote Keyless Mobil

Remote mobil identik dengan alarm yang terpasang pada mobil, sedangkan immobilizer terpasang pada anak kunci berupa chip khusus.Kompas.com/Erwin Setiawan Remote mobil identik dengan alarm yang terpasang pada mobil, sedangkan immobilizer terpasang pada anak kunci berupa chip khusus.

“Dengan menempelkan remote pada tombol, pedal rem atau kopling diinjak seperti biasa, lalu tombol starter dipencet, maka sewajarnya mesin akan bisa hidup,” ucap Didi.

Dia mengatakan hal itu bisa terjadi karena mobil masih mengandalkan sistem immobilizer yang ada di mobil tanpa melibatkan antena.

“Itu sama saja dengan sistem yang ada pada mobil dengan immobilizer biasa, mengandalkan sinyal yang terpancar pada chip tanpa ada bantuan antena yang ada di sekeliling tombol,” ucap Didi.

Baca juga: Baterai Remote Lemah, Begini Cara Buka Pintu Mobil

Jadi, remote keyless yang habis daya baterainya masih bisa digunakan untuk menghidupkan mesin meski dengan prosedur yang sedikit berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com