Motor Roda Tiga Kolaborasi Viar dan BRIN Muncul di IEMS 2022

Kompas.com - 28/09/2022, 14:01 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 resmi dibuka, Rabu (28/9/2022). Acara diramaikan berbagai kendaraan listrik meski mayoritas ialah sepeda motor listrik.

Salah satu yang menarik ialah ada kendaraan listrik roda tiga kolaborasi antara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan Viar. Kendaraan tersebut merupakan kendaraan roda tiga untuk penyandang disabilitas.

Baca juga: Aman atau Tidak Pakai Kampas Kopling Aftermarket untuk Motor Sport?

E-Tricycle tersebut masih purwarupa. Tampilannya cukup menarik seperti mobil golf tapi roda tiga lengkap dengan atap.

Di bagian belakangnya ada perlengkapan yang memungkinan pemakainya untuk berjualan berbagai macam keperluan.

 

Prototipe kendaraan listrik roda tiga E-Tricycle Viar dan BRINKOMPAS.com/Gilang Prototipe kendaraan listrik roda tiga E-Tricycle Viar dan BRIN

Rendra Dwi Firmansyah, peneliti BRIN mengatakan, E-Tricycle Viar dan BRIN ini merupakan upaya pemberdayaan disabilitas untuk berniaga. Sehingga disabilitas bisa mandiri dan punya daya saing.

"Kami kerjasama dengan Viar untuk meredesain produk Viar. Ini untuk kaum disabiltas dan berjualan. Ini masih prototipe dan baru sekitar 90 persen," kata Rendra yang ditemui Kompas.com, di Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Rendra mengatakan E-Tricycle ini murni kendaraan listrik. Fiturnya mengedepankan kebutuhan pengguna seperti driving assistance system dan teknologi yang mempermudah dalam berniaga keliling.

Baca juga: Soal Bus Listrik, Mercedes Benz Pilih Opsi CKD atau IKD

Prototipe kendaraan listrik roda tiga E-Tricycle Viar dan BRINKOMPAS.com/Gilang Prototipe kendaraan listrik roda tiga E-Tricycle Viar dan BRIN

"Nantinya di bagian belakang ada dispenser, dan di sini (dasboard depan) ada pembeli bisa order langsung dan pengendara tidak perlu turun dari jok. Jadi bersahabat dengan kaum difabel," kata dia.

E-Tricycle kolaborasi Viar dan BRIN ini memiliki bobot bersih 150 kg, dimensi panjang 1.400 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.640 mm. Jarak sumbu roda 1.230 mm, jarak terendah dari tanah 150 mm.

Spesifikasi baterai 48V 20 Ah, di mana terdiri dari empat rangkaian baterai, satu baterai 12 V 20 Ah. Motor listrik alias dinamo tipe BLDC menghasilkan 4.800 putaran, diklaim mampu membawa beban sampai 600 kg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.