Mulai Diterapkan Akhir Tahun Ini, Berikut Cara Bayar Tol Nirsentuh

Kompas.com - 28/09/2022, 13:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pembayaran tanpa sentuh alias nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) akan mulai diberlakukan akhir tahun ini oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Pada tahap awal, teknologi tersebut akan diberlakukan di beberapa ruas jalan tol dengan sistem masa transisi, yang mana sebagian gardunya masih dapat menggunakan pembayaran melalui kartu tol elektronik (E-Toll).

Dalam laman resminya, perseroan menjelaskan untuk melintasi jalan tol dengan MLFF, pengguna jalan tol diwajibkan untuk mengunduh aplikasi Cantas sebagai proses pembayaran.

Baca juga: BPKB Elektronik Bisa Pangkas Waktu Pengurusan Mutasi Kendaraan

Sistem transaksi jalan tol tanpa henti berbasis MLFF akan mulai uji coba 2022 PT JTD JAYA PRATAMA Sistem transaksi jalan tol tanpa henti berbasis MLFF akan mulai uji coba 2022

Aplikasi ini bakal dirilis ke publik pada Oktober nanti, tapi belum bisa diunduh. Karena masih tahap tes, konsultasi, lalu kaji ulang. Setelah itu, di Desember 2022, akan dirilis versi baru yang bisa diakses publik.

"Saat teknologi MLFF mulai diimplementasikan para pengguna Jalan Tol dapat melakukan pembayaran non-tunai tanpa tap kartu, hanya dengan mengunduh dan mendaftar data pribadi pada aplikasi bernama Cantas pada smartphone masing-masing yang telah terkoneksi internet," kata Sekretaris BPJT Triono Junoasmono.

Mengutip akun resmi Instagram @pupr_bpjt, MLFF atau sistem pembayaran tol tanpa berhenti ini adalah sistem yang diterapkan pada saat kendaraan sedang melaju. Sehingga dapat mempersingkat waktu perjalanan.

Baca juga: Jelang KTT G20 di Bali, Polisi Imbau Masyarakat Tidak Parkir di Pinggir Jalan

Penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis multi-lane free flow (MLFF).BPJT Penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis multi-lane free flow (MLFF).

Sistem ini menggunakan teknologi Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS) yang memindahkan metode transaksi tol yang sebelumnya berbasis Chip menjadi pembayaran berbasis akun dan server.

"Ponsel (telepon seluler) pengguna akan mengirimkan sinyal GPS ke Sistem pusat MLFF, dan GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan serta memotong saldo secara otomatis," kata dia.

Selain melakukan pembayaran langsung, pengguna jalan bisa menggunakan route ticket atau melakukan booking rute di website Cantas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Badan Pengatur Jalan Tol (@pupr_bpjt)

 

Sedangkan jika ternyata rute perjalanan tidak sesuai apa yang dibayarkan, itu termasuk kategori pelanggaran yang akan diberikan sanksi administratif.

Sehingga jika tidak sesuai diwajibkan langsung melakukan penyesuaian pembayaran rute dalam waktu dua jam.

Adapun pada tahap awal, MLFF akan diuji coba ke lima ruas tol dengan lokasi tol Bali Mandara, tol Jagorawi, tol Jakarta-Cikampek, tol Dalam Kota, dan tol JORR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.