Kompas.com - 22/09/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki memperkenalkan generasi Ertiga terbaru di ajang Philippine International Motor Show 2022. Ini sekaligus menjadi negara ketiga setelah Ertiga hybrid hadir di India dan Indonesia

MPV asal Jepang yang rilis di pasar Filipina ini dibekali dengan beberapa fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan Ertiga hybrid yang meluncur di Tanah Air pada Juni lalu.

Dilansir dari Gaadiwaadi, Rabu (21/9/2022), Suzuki Ertiga terbaru mendapatkan sistem infotainment layar sentuh yang dimensinya lebih besar ketimbang versi Indonesia yang hanya 7 inci, yakni 9 inci. Head unit ini sudah terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Baca juga: Dampak Kenaikan Harga BBM pada Penjualan Motor

Selain itu, mobil keluarga ini juga dilengkapi sistem kamera 360 derajat, yang menjadi salah satu fitur unggulan untuk Ertiga Hybrid versi Filipina. Termasuk, tambahan fitur power back door untuk bagasi.

Sedangkan, bicara sisi eksterior tak ada perbedaan dengan Suzuki Ertiga hybrid yang sudah lebih dulu meluncur di pasar India dan Indonesia. Perbedaan utama, tentu saja ada pada posisi setir karena Filipina menganut kemudi sebelah kiri alias left hand drive.

Suzuki Ertiga hybrid versi Filipinadoc Gaadiwaadi Suzuki Ertiga hybrid versi Filipina

Bicara soal jantung pacu, sama seperti Ertiga yang meluncur di Indonesia dan India, mobil ini menggunakan mekanisme smart hybrid alias hybrid ringan.

Kerja dari mesin tersebut kini ditopang dengan baterai lithium-ion dan Integrated Starter Generator (ISG) yang digadang-gadang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar yang ramah lingkungan.

Baca juga: Uji Emisi Gratis di Tangerang Masih Ada Sampai Besok, Simak Lokasinya

Sementara untuk mesin bensin tetap menggunakan K15B 4-silinder 1.500 cc yang menghasilkan tenaga 103 Tk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 Nm.

Secara keseluruhan Ertiga hybrid versi Filipina tak berbeda jauh dengan yang meluncur di pasar Tanah Air dan India. Hanya saja versi Filipina memiliki fitur yang lebih lengkap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.