Kompas.com - 21/09/2022, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Antara Aprilia SR-GT 200 dan Honda ADV 160 memang tidak sekelas, baik dari sisi harga maupun kapasitas mesin. Tapi keduanya merupakan pilihan baru di segmen skutik petualang.

Dari sisi mesin, Aprilia SR-GT 200 mengusung dapur pacu lebih besar berkapasitas 174,3cc, 4 langkah, SOHC, 4 katup injeksi berpendingin cairan.

Rincian mesinnya memiliki bore x stroke 61,5 x 58,7 mm. Tenaga maksimal mampu menghasilkan 17,4 tk di putaran mesin 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm.

Baca juga: Menanti Motor Listrik Murah Honda

Tes Aprilia SR-GT 200 KOMPAS.com/Dio Tes Aprilia SR-GT 200

Berdasarkan pengetesan redaksi dengan metode full to full dengan BBM RON 92, tercatat konsumsi BBM rute kombinasi di dalam kota dan luar kota sejauh 277,1 km, menghasilkan angka 38,2 km per liter.

Angka tersebut lebih tinggi dari AVG alias fitur rata-rata konsumsi bahan bakar yang tersedia di klaster instrumen yang menunjukkan angka 34 km per liter.

Sementara itu, Honda ADV 160 mengusung mesin eSP+ yang identik dengan milik Honda PCX 160. Dapur pacu itu berkapasitas 157,9 cc SOHC 4 katup berpendingin cairan.

Baca juga: Diskon Motor Sport Honda, CBR250RR Tembus Rp 3 Jutaan

Mesin itu sanggup hasilkan tenaga sebesar 15,8 tk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Berdasarkan pengetesan redaksi dengan metode yang sama, tercatat konsumsi BBM ADV 160 di dalam kota setelah menempuh perjalanan sejauh 80,2 Km, adalah 41,7 Km per liter

Adapun ketika dipakai dalam rute luar kota sejauh 169,7 Km, konsumsi BBM ADV 160 tembus 43,2 Km per liter.

Baca juga: Polrestabes Makassar Ralat Soal Incar Moge Bodong

Test ride Honda ADV 160KOMPAS.com/GILANG SATRIA Test ride Honda ADV 160

Penghitungan full to full dipilih karena cukup sederhana. Cara menghitungnya yaitu jarak tempuh dibagi dengan konsumsi BBM selama perjalanan.

Metode ini memang belum tentu menghasilkan angka yang tepat, namun merupakan salah satu yang menggambarkan penggunaan sehari-hari.

Kesimpulannya, Aprilia SR-GT 200 yang mengusung mesin lebih besar menghasilkan konsumsi BBM yang lebih boros ketimbang Honda ADV 160.

Namun hal itu terbayar dengan tenaga dan torsi yang lebih berlimpah dibandingkan pesaingnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.