Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Harga Honda BeAT Bekas, Mulai Rp 5 Jutaan

Kompas.com - 21/09/2022, 17:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor matik (skutik) keluaran PT Astra Honda Motor (AHM), Honda BeAT, masih menjadi salah satu skutik yang banyak ditemui di jalan saat ini. 

Sebelumnya, skutik ini bahkan diklaim sebagai skutik Honda terlaris di dunia, terjual hingga lebih dari 17 unit secara nasional per tahun 2020.

Generasi pertama BeAT meluncur pada tahun 2008. Dulu, skutik ini mengusung mesin 110 cc SOHC dan masih menggunakan sistem pembakaran karburator.

Baca juga: Perbandingan Harga Isi Bensin Penuh Honda Beat dan Yamaha Fazzio

Namun pada 2010, diberikan ubahan minimalis dan model spakbor, awalnya menyatu dengan suspensi, saat itu diganti jadi menggantung.

Suksesnya model perdana membuat AHM kemudian meluncurkan generasi kedua BeAT pada 2012, dengan perubahan yang cukup signifikan baik dari sisi desain maupun performa motor.

Tidak lagi memakai karburator, BeAT generasi kedua memakai injeksi dengan menyematkan Programmed Fuel Injection atau yang dikenal sebagai BeAT PGM-FI. Ini diklaim membuat konsumsi bahan bakar BeAT menjadi lebih irit.

AHM perkenalkan All New Honda BeATDonny Dwi/Kompas.com AHM perkenalkan All New Honda BeAT

Generasi ketiganya meluncur pada 2014 dengan sejumlah ubahan dan tambahan teknologi, salah satunya adalah Enhanced Smart Power atau eSP, yang diklaim menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang.

Pada 2016, meluncur generasi keempat BeAT sekaligus merayakan pencapaian terjualnya 10.724.227 unit BeAT sejak peluncuran pertamanya pada tahun 2008. Pada generasi baru tersebut, bagasinya dibuat lebih lapang serta kapasitas tangkinya menjadi 4 liter.

Kemudian pada 2020, generasi kelimanya meluncur dengan mesin berkubikasi 109,5 SOHC, tenaga 9 PS dan torsi 9,3 Nm.

Baca juga: Menanti Motor Listrik Murah Honda

Bagi yang tertarik dengan skutik Honda BeAT, saat ini unit bekasnya juga mudah ditemukan dengan harga yang terbilang cukup terjangkau. Berdasarkan pantauan Kompas.com di sejumlah bursa motor bekas daring, berikut ini kisaran harga BeAT seken berdasarkan tahunnya:

  • Honda BeAT tahun 2008, harga Rp 5 jutaan
  • Honda BeAT tahun 2010, harga Rp 7 jutaan
  • Honda BeAT tahun 2014, harga Rp 9 jutaan
  • Honda BeAT tahun 2016, harga Rp 9 jutaan
  • Honda BeAT tahun 2020, harga Rp 15 jutaan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com