Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Emisi Gratis di Tangerang Masih Ada Sampai Besok, Simak Lokasinya

Kompas.com - 21/09/2022, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menjaga kualitas udara, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Banten menggelar uji emisi gratis di tiga lokasi secara bergilir selama 20-22 September 2022.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Tihar Sopian menyatakan, giat tersebut akan menyasar sekitar 2.000 kendaraan bermotor yang ditarik secara acak dan berkoordinasi bersama pihak terkait seperti kepolisian.

"Uji emisi ini terbagi dalam tiga hari. Pertama, di Jalan MH Thamrin dengan sasaran kurang lebih 800 kendaraan bermotor yang bisa diuji emisi. Ini kita ambil secara acak," kata dia dalam keterangannya, Rabu (21/9/2022).

Baca juga: Biaya Beli Motor Listrik Polri untuk Pengamanan KTT G20 Tembus Rp 8,3 Miliar

Pemerintah Kota Tangerang menggelar uji emisi gratis selama tiga hari ke depan di beberapa titik lokasi, guna meningkatkan kualitas udara di daerah, Selasa (20/9/2022).Istimewa Pemerintah Kota Tangerang menggelar uji emisi gratis selama tiga hari ke depan di beberapa titik lokasi, guna meningkatkan kualitas udara di daerah, Selasa (20/9/2022).

Kemudian hari ini atau pada hari keduanya, uji emisi tersebut diadakan di Jalan Soedirman sekitar Komplek Imigrasi. Besok atau hari terakhir, uji emisi akan digelar di Jalan Imam Bonjol, sekitar Giant Palem Semi.

Setelah uji emisi, setiap kendaraan akan diberikan sertifikat dan ditempel stiker untuk kendaraan yang lolos uji emisi.

"Bagi kendaraan yang lolos akan kami berikan stiker bahwa kendaraan mereka pada tahun 2022 sudah lolos uji emisi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tangerang," kata Tihar.

"Bagi yang belum lolos, akan kami berikan rekomendasi untuk melakukan tune up, pemeliharaan, dan lain-lain," lanjutnya.

Baca juga: Mobil Listrik Butuh Suara Agar Aman di Jalan Umum dan Jalan Tol

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by DLH KOTA TANGERANG (@dislh_tng)

 

Tihar meminta supaya para pemilik kendaraan bermotor baik individu dan perusahaan lebih sering melakukan pemeliharaan supaya kendaraan bermotor tetap sehat dan gas buang yang dihasilkannya tidak mencemari lingkungan hidup.

"Kepada masyarakat Kota Tangerang lebih sering melakukan tune up dan pemeliharaan lainnya supaya kendaraan tetap sehat dan gas buang yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan," ucap dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com