Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Pilih Mini Cooper Seken Kondisi Apik

Kompas.com - 26/04/2024, 09:12 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mini Cooper merupakan salah satu mobil ikonik dengan penggemar fanatik. Di bursa mobil bekas, mobil ini cukup banyak diminati meski pasarnya berbeda karena dianggap sebagai mobil hobi.

Arief, Marketing Garasi Blok O, showroom mobil premium di BSD City, Tangerang, mengatakan, jika ingin mencari Mini Cooper bekas maka usahakan tahun 2013 ke atas.

Baca juga: Wanita Juga Bisa Jadi Sopir Truk, Pahami Triknya

Mini Cooper BekasKompas.com/Adityo Wisnu Mini Cooper Bekas

"Usahakan jangan ambil yang tahun 2013 ke bawah, sebab dia mesin sudah lama. Kemudian untuk bagian kaki-kaki lebih ringkih seperti ," ujar Arief kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Memang dia dasarnya sudah lebih ringkih, walaupun nanti kalau servis begitu lagi dalam jangka pendek. Sebab dia masih produksi awal dan belum menyesuaikan buat kondisi jalan di Indonesia," ujarnya.

Cliff, pemilik bengkel spesialis MINI Klinik Indonesia (MKI) di Fatmawati, Jakarta Selatan, mengatakan, setidaknya ada tiga hal yang mesti diperhatikan bila ingin meminang Mini Cooper seken, yaitu mesin, eksterior dan kaki-kaki.

Baca juga: Chery Indonesia Kembali Buka Suara Kasus Omoda E5 Tabrak Tembok Mal

Bengkel spesialis MINI Cooper bernama MINI Klinik Indonesia di Fatmawati, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/Gilang Bengkel spesialis MINI Cooper bernama MINI Klinik Indonesia di Fatmawati, Jakarta Selatan.

"Secara umum kalau kita awam kita pertama dengarkan suara mesin, kita pasti tahu suara mesin berisik atau halus," kata Cliff.

"Kemudian eksterior lihat cat lihat eksterior. Cuma kalau mau repot sedikit cek kaki-kaki MINI lihat apakah baut-baut ada karat atau tidak. Kalau ada bekas karat, maka itu jadi pertanyaan," ujarnya.

Tak lupa kata Cliff, hal yang mesti dilakukan calon pembeli sebelum meminang Mini Cooper seken ialah jejak rekam servis di bengkel resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com