Adu Fitur Chery Tiggo 8 Pro Vs Hyundai Palisade, Mana Lebih Canggih?

Kompas.com - 22/09/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery Tiggo 8 Pro dijadwalkan untuk meluncur pada Oktober 2022. Sport utility vehicle (SUV) premium ini akan bersaing di pasar dengan Hyundai Palisade.

Salah satu yang dicari oleh konsumen di segmen SUV premium adalah fitur dan teknologi. Kedua mobil ini tentunya sudah dibekali dengan fitur yang canggih.

Baca juga: Chery Buka Segmen Baru dengan Menghadirkan Tiggo 8 Pro

Palisade yang sudah meluncur lebih dulu dilengkapi dengan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS). Hyundai menamai teknologi ini dengan Hyundai SmartSense.

Interior Chery Tiggo 8 ProKompas.com/Donny Interior Chery Tiggo 8 Pro

Sementara pada Chery, tidak ada istilah khusus yang digunakan untuk menamai teknologi ADAS yang mereka sematkan pada produknya.

Palisade dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih yang terintregrasi dengan ADAS, seperti Forward Collision-avoidance Assist, Safe Exit Assist, Blind-spot Collision Warning, Lane Following Assist, Smart Cruise Control with Stop & Go Function, Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist, High Beam Assist, Driver Attention Warning, Lane Keeping Assist, Blind-spot View Monitor, dan lainnya.

Baca juga: Impresi Perdana Mengendarai SUV Mewah Chery Tiggo 8 Pro

Pada Tiggo 8 Pro, juga sudah terdapat fitur-fitur tersebut, hanya saja penamaannya yang sedikit berbeda, seperti Intelligent High Beam Control, Around View Monitor, Door Opening Warning, dan lainnya.

Hyundai Palisade Facelift 2022KOMPAS.com/Nanda Hyundai Palisade Facelift 2022

Tapi, ada fitur yang dimiliki Tiggo 8 Pro dan tidak terdapat pada Palisade, yakni Intelligent Voice Assistance alias perintah suara.

Irwan Nugraha, Product Manager PT Chery Motor Indonesia (CMI), mengatakan, fitur ini belum ada di kelasnya. Jadi, perintahnya menggunakan bahasa Inggris.

"Bisa untuk buka tutup sunroof, jendela, menyalakan dan mematikan AC, memainkan musik, itu bisa dilakukan dengan fitur ini," kata Irwan, kepada wartawan, saat ditemui di BSD, belum lama ini.

Interior Hyundai Palisade FaceliftKOMPAS.com/Nanda Interior Hyundai Palisade Facelift

Selain yang disebutkan oleh Irwan, fitur perintah suara ini juga bisa melakukan pengaturan pada Ambient Light, melakukan panggilan telepon, pengaturan multimedia, dan kendali kendaraan.

Palisade memang tidak memiliki fitur tersebut. Tapi, SUV premium ini sudah disematkan fitur Hyundai BlueLink. Dengan fitur ini, mobil bisa terkoneksi dengan aplikasi di smartphone.

Dengan Hyundai BlueLink, banyak pengaturan yang bisa dilakukan melalui smartphone, seperti membuka dan menutup jendela, menyalakan dan mematikan mesin, dan masih banyak fitur canggih lainnya.

Menyoal harga, Hyundai saat ini membanderol Palisade mulai Rp 842 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 1,11 miliar (OTR Jakarta). Sementara Tiggo 8 Pro, estimasi harganya ada di kisaran Rp 550 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.