Kompas.com - 16/09/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez akhirnya akan kembali balapan. Momen tersebut akan dilakukan pada MotoGP Aragon, Spanyol.

Meski dinyatakan cukup sehat untuk kembali ke atas motor dan balapan, bukan tentu pebalap Repsol Honda Team ini akan langsung kompetitif melawan rival-rivalnya.

Baca juga: Marc Marquez dan Joan Mir Kembali Balapan pada MotoGP Aragon

Marquez mengaku sangat senang bisa kembali balapan. Meskipun, dirinya juga memahami kondisinya saat ini dan yakin peluang untuk naik podium sangat tipis.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022). Marquez kini comeback saat menjalani tes MotoGP Misano 2022 pada Selasa (6/9/2022).AFP/FILIPPO MONTEFORTE Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022). Marquez kini comeback saat menjalani tes MotoGP Misano 2022 pada Selasa (6/9/2022).

"Peluang saya untuk podium adalah satu persen, itu sangat rendah. Perjalanan saya masih sangat jauh dari kondisi ideal, sejauh otot tangan saya menjadi perhatian," kata Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (15/9/2022).

Marquez menambahkan, masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Targetnya saat ini adalah finis di setiap seri.

Baca juga: Marquez Tidak Target Juara di MotoGP Aragon 2022

"Saya mungkin harus rehat di pertengahan di Jepang atau Thailand, saya tidak tahu. Tapi tujuannya adalah finis di setiap akhir pekan dan memahami di mana level tertinggi lengan saya," kata Marquez.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. Terdekat, Marc Marquez dijadwalkan kembali balapan pada MotoGP Aragon 2022 yang akan digelar pada 16-19 September 2022. Artikel ini menyajikan jadwal MotoGP Aragon 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)AFP/JAVIER SORIANO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. Terdekat, Marc Marquez dijadwalkan kembali balapan pada MotoGP Aragon 2022 yang akan digelar pada 16-19 September 2022. Artikel ini menyajikan jadwal MotoGP Aragon 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Sebelumnya, Marquez juga sudah mengikuti sesi tes resmi di Sirkuit Misano, Italia. Marquez mengatakan, sesi tes tersebut berjalan dengan baik.

Terlihat RC213V menggunakan fairing yang baru dengan sistem aerodinamika mirip dengan Aprilia. Selain itu, swingarm juga tidak menggunakan buatan sendiri, melainkan dari Kalex.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Marc Ma?rquez (@marcmarquez93)

Meskipun pada balapan kali ini RC213V yang digunakan bukan versi 2023, tapi data yang dikumpulkan bisa digunakan untuk mengembangkan motor untuk musim depan. Setidaknya, bisa membuat Honda lebih kompetitif di sisa musim ini.

"Balapan di akhir pekan akan berbeda, ada lebih banyak intensitas, dan sedikit waktu untuk beristirahat. Jadi, ini akan menjadi tantangan yang berbeda," kata Marquez.

Marc Marquezinstagram.com/marcmarquez93 Marc Marquez

Terkait kesiapan fisiknya, Marquez mengaku sudah melakukan banyak latihan untuk proses penyembuhannya. Kali ini, dia juga tidak hanya melakukan latihan di gym saja, tapi juga di atas motor dengan CBR600RR.

Marquez sudah absen sebanyak enam seri. Meski demikian, saat ini dia tetap menjadi pebalap Honda dengan total poin terbanyak, yakni 60 poin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.