Kompas.com - 16/09/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era elektrifikasi, saat ini masyarakat Indonesia disuguhkan dengan beragam pilihan mobil hybrid hingga mobil listrik, jika ingin beralih dari kendaraan konvensional.

Dikeluarkannya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 juga semakin memperkuat rencana pemerintah untuk mempercepat elektrifikasi di Indonesia.

Inpres tersebut dikeluarkan pada Selasa (13/9/2022), yang mengatur tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sebagai kendaraan dinas operasional dan atau kendaraan perseorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Baca juga: Catat, Penghapusan Denda Bukan Berarti Bebas Bayar Pajak Kendaraan

Saat ini, harga mobil listrik juga terbilang bervariasi, mulai dari Rp 200 jutaan sampai dengan Rp 2 miliar.

Namun buat Anda yang tertarik untuk mencoba mobil listrik premium, bisa coba untuk melirik Tesla Model 3.

Dibanderol di angka Rp 1,5 miliar, sedan listrik varian standard range ini menjadi mobil listrik paling terjangkau buatan pabrik mobil asal California, Amerika Serikat. Tampilannya minimalis dan sederhana, namun berkelas dan mewah.

Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.

Tesla Model 3 ini dibekali dengan mesin bertenaga 475 hp, dengan torsi maksimal 350 Nm yang dialirkan menuju roda belakang.

Dari segi fitur, mobil ini dilengkapi dengan Autopilot Mode Recirculating Air Quality Mode, layar sentuh 15 inci, sistem audio dengan 15 speaker, 1 subwoofer dan 2 amps, serta tinted glass yang dilengkapi dengan teknologi penangkal sinar UV dan infra red.

Baca juga: Spesifikasi Wuling Air ev, Mobil Listrik Mungil Harga Rp 200 Jutaan

Untuk performanya, Tesla Model 3 dapat menempuh 00100 kpj dalam waktu 3,1 detik. Sedangkan top speed atau kecepatan puncaknya adalah 210 kpj.

Untuk pengisian daya dapat dilakukan dengan mobile connector bundle atau outlet pengisian daya terdekat. Pihak Tesla juga dapat menyediakan Tesla Wall Connector untuk fasilitas home charging atau pengisian daya di rumah.

Pengisian daya untuk perjalanan jarak jauh juga diklaim cepat, menambah jarak tempuh hingga 275 km hanya dalam waktu 15 menit dengan menggunakan supercharger network.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.