Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda HR-V dan BR-V Kantongi Bintang Lima ASEAN NCAP

Kompas.com - 16/09/2022, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua model sport utility vehicle (SUV) Honda, All New HR-V dan All New BR-V, baru saja mendapatkan nilai keselamatan tertinggi dari ASEAN NCAP dengan lima bintang.

Untuk diketahui, ASEAN NCAP merupakan program pengujian keselamatan pada kendaraan baru di tingkat Asia Tenggara. Pengujian dilakukan dengan cara tes tabrak pada bagian depan, samping, serta fitur-fitur keselamatan lainnya.

Baca juga: Harga Pertamax Naik, Segini Biaya Isi Full Tank Terios, Rush, dan BR-V

Pasokan All New Honda HR-VHPM Pasokan All New Honda HR-V

Dari situ resm ASEAN NCAP, setelah serangkaian pengetesan dilakukan, HR-V mendapatkan nilai 81,38 dari 100, untuk tes tabrak dan fitur keselamatan.

Untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP) nilai yang didapat 28/32, untuk Child Occupant Protection (COP) nilainya 45,31/51, untuk Safety Assist Technologies (SATs), nilainya 19,50/21, dan untuk Motorcyclist Safety (MS) dapat nilai 8/16.

All New Honda BR-V dapat bintang lima ASEAN NCAPDok. HPM All New Honda BR-V dapat bintang lima ASEAN NCAP

All New HR-V pertama kali diperkenalkan di Asia Tenggara pada November 2021. Hingga kini, mobil tersebut sudah dipasarkan di sembilan negara di ASEAN dengan total penjualan kumulatif diklaim lebih dari 25.000 unit.

Sementara untuk All New BR-V, dapat nilai 77,02 dari 100, untuk tes tabrak dan fitur keselamatan. Kemudian, untuk AOP nilainya 26,98/32, untuk COP nilainya 44,53/51, untuk SATs nilainya 16,50/21, dan untuk MS nilainya 8,1/16.

Baca juga: Pilihan SUV Bekas Harga Rp 100 Jutaan, Ada Rush sampai BR-V

Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada September 2021, tapi baru mulai dipasarkan pada Januari 2022. Generasi kedua BR-V ini juga sudah diekspor ke beberapa negara di Kepulauan Karibia.

All New Honda BR-V. 

Dok. KOMPAS.com/ Adityo Wisnu Prabowo All New Honda BR-V.

Thailand menjadi negara kedua di ASEAN yang memasarkan All New BR-V pada Agustus 2022. Hingga kini All New BR-V sudah diekspor lebih dari 1.500 unit ke berbagai negara, seperti Thailand, Afrika Selatan dan beberapa negara di Kepulauan Karibia.

Soal bantuan pengemudi dan fitur keselamatan, HR-V dan BR-V sudah dilengkapi dengan Honda SENSING. Sehingga, kedua mobil tersebut berhasil mendapatkan bintang lima ASEAN NCAP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com