Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Comeback di Tes Misano, Marquez Bicara Soal Kondisi Lengan

Kompas.com - 07/09/2022, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez, untuk pertama kalinya kembali memacu Honda RC213V di Sirkuit. Hal tersebut dilakukan pada sesi tes MotoGP Misano, Selasa (6/9/2022).

Seperti diketahui, sebelumnya juara dunia delapan kali itu memutuskan untuk melakukan operasi keempat karena cedera di tulang humerus kanannya. Ia pun memutuskan untuk mengakhiri musim 2022 lebih awal, lantaran harus beristirahat dan memulihkan cederanya.

Namun, selang beberapa bulan, rider berusia 29 tahun sudah bisa menggerakan lengan kanannya dengan bebas dan dinyatakan fit untuk mengendarai kuda besi RC213V di lintasan.

Baca juga: Aprilia Tuareg 660 Resmi Meluncur di Indonesia, Dijual Rp 656 Juta

Kondisi lengan Marc Marquez setelah operasi keempatDok. @marcmarquez93 Kondisi lengan Marc Marquez setelah operasi keempat

Tepat 100 hari setelah penampilan terakhirnya di MotoGP Italia, Marquez kembali mengendarai kuda besinya dan menjadi salah satu rider yang melakukan tes uji coba di Sirkuit Misano.

Pebalap Spanyol itu menyelesaikan 39 lap selama sesi pagi. Marquez menempati posisi tercepat ke-17 pada timesheets, tetapi hanya berjarak 0,864 detik dari pria tercepat Aleix Espargaro (Aprilia).

“Waktu putaran tidak buruk, tapi itu bukan yang terpenting. Yang paling penting adalah tubuh saya, lengan saya, menerima 39 lap ini dengan cara yang baik,” ucap Marquez dikutip dari Crash, Selasa (6/9/202).

“Sekarang semua otot bekerja dengan cara yang benar, tetapi mereka tidak siap untuk menahan semua torsi ini. Motor ini terlalu cepat,” lanjutnya.

Kembalinya Marquez mengendarai dua roda untuk pertama kalinya saat ia menunggangi CBR600 di Sirkuit Aragon beberapa waktu lalu, memberikan pelajaran bahwa keadaan fisiknya bisa saja bermasalah sehari setelah berkendara.

Untuk itu, tim bersikeras agar Marquez tetap pada batas 40 lap demi menyelamatkan ototnya pada hari terakhir Rabu.

“Hari ini rencananya 40 lap. Saya melakukan 39 dan berhenti di tengah hari. Kami melakukan persis seperti rencana yang kami rencanakan. Saya bertanya, 'mungkin di sore hari kita bisa balapan?’ Tapi mereka menghentikan saya karena hari Selasa adalah hari pertama (tes) dan kami akan mencoba balapan besok (Rabu),” ucap Marquez.

Baca juga: Mobil Bekas Km Rendah Punya Nilai Tawar Tinggi

Pertanyaan yang paling banyak dilontarkan saat Marquez mengikuti tes GP Misano adalah, mengenai kemungkinan dirinya kembali balapan di Aragon pada pekan depan. Marquez pun menjawab bahwa keputusan itu tergantung pada kondisi fisik kedepannya.

“Akan penting untuk membalap besok dan kemudian melihat pada hari berikutnya (Kamis/Jumat) bagaimana tubuh dan lengan saya usai balapan. Apakah saya akan maju (balapan) atau mundur selangkah (karena mulai merasakan sakit),” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com