Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lengan Belum Kuat, Marquez Ragu Turun di MotoGP Aragon

Kompas.com - 08/09/2022, 14:55 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez sudah dinyatakan cukup sehat untuk kembali ke atas motor MotoGP. Dia pun sempat mengikuti sesi tes di Sirkuit Misano.

Namun, pada sesi tes tersebut, Marquez masih merasakan sakit pada bagian lengan kanannya yang sudah dioperasi hingga empat kali.

Marquez mengatakan, sesi tes tersebut berjalan dengan baik. Dia juga sangat senang, karena penting baginya dan Honda untuk mengikuti sesi tes tersebut selama dua hari.

Baca juga: Kembali ke MotoGP, Marc Marquez Tidak Tuntas Jalani Sesi Tes

"Khususnya pada pagi hari, perasaan saya lebih baik. Pada siang hari, sebenarnya saya mengalami sedikit masalah dengan posisi lengan, karena ototnya terlalu kelelahan," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (8/9/2022).

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Marquez menambahkan, akibatnya dia tidak menyelesaikan sesi tes secara tuntas. Dia juga sempat kesakitan hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti.

"Semuanya berjalan sesuai rencana. Hal ini terjadi sesuai dengan prediksi dokter. Bagi saya, ini adalah sesi tes yang sangat bagus. Untuk Honda, saya mencoba banyak hal pada hari kedua. Tapi, masih banyak yang harus dilakukan," kata Marquez.

Pada sesi tes, Marquez selalu melakukan empat lap setiap turun ke trek. Dua lap untuk pemanasan, dan dua lap sisanya dilakukan sungguh-sungguh.

Baca juga: Comeback di Tes Misano, Marquez Bicara Soal Kondisi Lengan

Pada percobaan terakhir, dia melakukan tujuh lap sekaligus untuk memahami batasan dirinya. Dia pun menyadari bahwa itu terlalu berlebihan. Sehingga, menimbulkan keraguan apakah dirinya bisa balapan pada MotoGP Aragon.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022). Marquez kini comeback saat menjalani tes MotoGP Misano 2022 pada Selasa (6/9/2022).AFP/FILIPPO MONTEFORTE Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022). Marquez kini comeback saat menjalani tes MotoGP Misano 2022 pada Selasa (6/9/2022).

"Sekarang, kita perlu melihat bagaimana reaksi lengan selama dua atau tiga hari ke depan. Ada dua opsi, apakah rasa sakitnya akan tetap dan tidak menghilang atau rasa sakitnya menghilang dan otot semakin kuat," ujarnya.

Marquez menambahkan, dia harus melihat perkembangan lengannya setiap hari. Soal keputusan untuk balapan pada MotoGP Aragon, baru akan diputuskan pada Minggu (11/8/2022) atau Senin (12/8/2022). Jika rasa sakit tersebut masih ada, maka dia harus bersabar hingga benar-benar sembuh.

Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika (20/3/2022).BAY ISMOYO Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika (20/3/2022).

"Untuk bisa kencang dan kompetitif, kami butuh motor yang lebih baik. Tentu saja Anda butuh kesiapan fisik di atas motor. Anda butuh kekuatan dan konsistenti. Apalagi, saat balapan dibandingkan dengan sesi tes," katanya.

"Saat sesi tes, saya bisa bersantai, tapi itu tidak mungkin di saat balapan. Tapi, cara terbaik untuk membangun otot dan kepercayaan diri adalah dengan mengendarai motor. Saat saya siap, saya akan balapan lagi," ujar Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com